Lanjut ke konten

Tim Handball Putra Papua Gagal ke Semifinal

TIMIKA – Pertandingan untuk babak Penyisihan grup B Cabang Olahraga (Cabor) Bola Tangan Putra kembali dilanjutkan. Kali ini tuan rumah Papua bertemu dengan Kalimantan Timur (Kaltim) di Venue Futsal SP 2, Timika, Senin (11/10/2021).

Pada pertandingan perdana Kalimantan Timur menahan imbang Jawa Tengah 29-29, sementara Papua harus menyerah dari lawan yang sama sehingga kedua tim membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke semifinal.

Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan, bermain apik , dan disiplin sehingga membuat pertandingan berjalan  ketat.

Sayangnya, Papua dipastikan tidak bisa melaju ke semifinal karena harus tunduk terhadap Kaltim dengan skor yang terpaut cukup jauh, yakni 43-32. Karena dua kali kalah, maka tim handball putra Papua tidak memiliki kesempatan masuk ke semifinal. Sementara Kaltim berhak melaju setelah mengumpulkan 3 poin hasil imbang melawan Jateng dan mengalahkan Papua.

Pertandingan pun sempat dihentikan karena protes keras yang dilakukan pemain Papua terhadap wasit karena tidak puas atas beberapa keputusan yang dibuat, lemparan botol pun sempat dilakukan oleh oknum penonton, protes pun juga dilakukan oleh official tim dan pelatih Papua kepada panitia pelaksana pertandingan. Pertandingan baru bisa dilanjutkan setelah dilakukan pergantian wasit.

Pantauan di lapangan, pada babak pertama Papua langsung menekan dan unggul 2-0 lewat lemparan Victorious, lemparan Josias dan Frengki membuat tuan rumah sempat unggul 4-0 pada lima menit pertama, namun sayang Kaltim kembali mengejar lewat pemain andalan mereka, Effendi dan Oni mengubah keadaan skor menjadi 4-4.

Pertandingan babak pertama berlangsung seru, namun Kaltim yang bermain apik sempat berhasil unggul jauh dari Papua dengan pemain andalan mereka, Oni yang tampil beringas.

Seolah tak mau kalah, tuan rumah yang didukung suporternya berhasil mengejar pada 10 menit jelang pertandingan berakhir. Pemain Papua Victorious tampil memukau, pertandingan babak pertama pun berakhir 15-18 untuk keunggulan tim tamu.

Pada paruh kedua, pertandingan masih berjalan dengan ketat, Papua yang tertinggal tampil lebih semangat hasilnya mereka berhasil menipiskan poin menjadi 22-23 pada menit ke-28 pertandingan berjalan.

Pelatih Kaltim Dwichandra Hariwibowo membuat keputusan tepat dengan melakukan time out saat Papua berhasil memangkas jarak hingga hanya selisih satu angka.

Papua pun akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 23-23, namun Effendi membuat Kaltim kembali unggul 23-24 pada menit ke-30.

Duo Effendi dan Oni menjadi momok bagi tim Papua, karena berkat kegemilangannya hingga menit ke-53 Kaltim unggul 35-28.

Pada sisa tujuh menit pertandingan Kaltim berhasil unggul jauh 43-32. Berdasarkan hasil tersebut tim putra Papua pun dipastikan tidak bisa melaju ke semifinal. (HumasPPM/Aji/Iwan/Indri/Mayer/linda/Aurora)



















%d blogger menyukai ini: