IMG-20171231-WA0002
Suasana belajar mengajar di Sekolah Kampung Brukmakot – Koroway Batu

(Kampung Brukmakot 30/12/2017) Nelson Mandela dengan keyakinan kuat berkata : “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”. Keyakinannya itu menular hingga ke jiwa kami anak-anak muda Papua yang tergabung dalam Kopkedat (Komunitas Peduli Kemanusiaan Daerah Terpencil) Papua.

Kami terinspirasi dan berkomitmen untuk membangun Suku Korowai yang terisolir serta membangun Papua secara utuh.

Dalam Pandangan kami, Pendidikan adalah hal yang utama bagi masyarakat Papua, demikian pula pandangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah selama ini. Bahkan Undang-undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua juga mengatur khusus tentang Pendidikan di Papua, namun Suku Korowai tetap tertinggal dari segi Pendidikan, kesehatan dan banyak aspek lainnya.

Sebagai wujud nyata dari kepedulian Kopkedat Papua, kami telah membangun sekolah sejak bulan April Tahun 2016 di Kampung Brukmakot, Korowai Batu. Untuk sampai ke Kampung Brukmakot, kami harus melewati Kabupaten Yahukimo.

IMG-20171231-WA0001
Yan Akobiarek (Ketua Kopkedat Papua) sedang mengajar di sekolah kampung Brukmakot.

Hampir 2 setengah tahun Kopkedat bekerja secara swadaya untuk Suku Koroway Batu. Sepanjang itu pula, kami kerap memberikan laporan terkait kondisi di lapangan kepada Pemerintah Daerah dan Dinas terkait agar dapat ditindaklanjuti. Kopkedat juga meminta kepada Pemerintah daerah untuk membangun Sekolah yang lebih layak serta menempatkan guru di Brukmakot, namun hingga kini belum ada respon.

Usaha kami untuk melaporkan kondisi Suku Korowai Batu yang minim layanan pendidikan, hanya mendapatkan jawaban tentang pembagian dana Otsus 80% dan 20%.

Saat kedatangan Gubernur Papua ke Korowai bulan lalu, kami sudah menyampaikan kendala yang kami hadapi secara khusus sekolah yang Kopkedat bangun, beliau menyarankan agar kami langsung melapor ke Bappeda karena di sana ada Program Gerbang Mas yang juga menangani Pendidikan. Namun hingga kini Kopkedat belum sempat melapor kepada Bappeda Provinsi Papua.

IMG-20171231-WA0000
Anak-anak muda Kampung Brukmakot bersama salah seorang pengurus Kopkedat Papua.

Harapan Kopkedat di Tahun 2018 nanti, masyarakat Korowai akan mendapatkan hak mereka atas Layanan Pendidikan yang lebih baik, terutama anak-anak Koroway yang punya minat besar untuk belajar dan bersekolah meski dalam keterbatasan.

Dengan kondisi geografis yang sangat sulit untuk dijangkau, Layanan Pendidikan yang minim menjadikan masyarakat Korowai dan sekitarnya banyak yang masih dalam kondisi buta huruf dan aksara.

Masyarakat Koroway Batu juga adalah bagian dari Papua yang membutuhkan Pelayanan Publik yang sama dengan yang didapatkan oleh masyarakat Papua lainnya. Mereka butuh bantuan kita bersama di Tanah Papua untuk mewujudkan harapan Tahun Baru 2018, yakni Korowai dengan layanan pendidikan yang lebih baik. (Sumber: Kopkedat Papua)