Tampak peserta festival lembah baliem, saat melakukan kritual panah babi ( ft/Mar)

Wamena (KPN) – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, minta kepala daerah yang menyelenggarakan festival di daerahnya, untuk melakukan sinergitas antar festival di satu daerah dengan daerah lainnya.

Hal ini dilakukan agar wisatawan yang datang ke Papua dapat melihat berbagai festival tersebut.

“Jadi misalnya setelah saksikan Festival Teluk Humbold di Kota Jayapura, langsung bisa saksikan Festival Danau Sentani di Kabupaten Jayapura, lalu setelah itu ke Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) di Wamena,” kata Soedamo di Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Selasa ( 7/8/2018).

Gubernur mengatakan jika festival di Papua saling berkaitan, maka dapat memberikan keuntungan bagi turis maupun pemerintah daerah.

Tampak peserta festival lembah baliem, Selasa 7/8/2018 .(ft/Mar)

Soedarmo menambahkan Festival budaya Papua yang tidak diintegritaskan selama ini terkesan kurang maksimal dan terkait hal itu, gubernur sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata.

“Kementerian Pariwisata setuju, (untuk diintegritas) tinggal bagaimana kita buat konsepnya. Otomatis penyelenggaranya bukan lagi kabupaten atau kota, tetapi dari provinsi, didukung oleh Kementerian Pariwisata,” katanya.

Penjabat gubernur berharap pada tahun 2019 integritas festival beberapa kabupaten dan kota sudah bisa dilaksankan.(Mar)