Jayapura ( KPN)- Inspekturat Kota Jayapura, menggelar Rapat koordinasi pengawasan daerah dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Pemerintah Kota Jayapura Tahun 2019, Rabu ( 20/2/2019) disalah satu hotel di Kota Jayapura.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong percepatan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan pentingnya tindak lanjut hasil pemeriksaan guna perbaikan dan koreksi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Rapat koordinasi pengawasan daerah dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Pemerintah Kota Jayapura, sangat penting dan strategis, Karena ini Saya berbagi cerita dan memberikan informasi langsung kepada kita semua,Saya minta sebagai pemegang otoritas kekuasaan pengelolaan keuangan ada pada Walikota, Saya ingatkan teman – teman sekalian sering juga kita lupa tentang pemutakhiran data tidak lanjut data ini sering kita lalai karena sibuk dengan aktivitas kita,” kata Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM, saat menyampaikan sambutan.

Dikatanya Rakorwasda sebagai salah satu agenda pokok manajemen penyelenggaraan pemerintahan kota. Karena fungsi pengawasan setara dan paralel dengan perencanaan dan fungsi pelaksanaan program penganggaran daerah yang tertuang dalam APBD .

Walikota juga ingatkan 14 Kepala Kampung,Sekretaris Kampung ,agar mengelola dana kampung dengan baik Sekarang ini banyak pengaduan masyarakat terkait dana kampung sehingga jangan sampai berurusan dengan aparat penegak hukum. Dan jika ada indikasi pidananya, saya tidak akan intervensi.

” 2019 Saya mengharapkan Inspektorat dan jajaranya melakukan pengawasan internal, membantu Saya dalam melakukan fungsi pengawasan, terhadap dana kampung, dana APBD juga pengawasan kinerja OPD bukan hanya di OPD saja, tapi di setiap Puskesmas, Sekolah dan Kelurahan , ” tegas Walikota.

Walikota menambahkan Inspektorat sebagai APIP sangat penting dalam mengawal dan mengawasi kinerja pemerintahan umum dan akuntabilitas tata kelola keuangan daerah.

Walikota berharap peserta rapat koordinasi pengawasan daerah dan pemutakhiran data tindak lanjut yang terdiri dari pimpinan OPD,Kepala Puskesmas,Kepala Kelurahan,Kepala Sekolah, Kepala Kampung, Bendahara Pengeluaran dan Pejabat Pembuat Komitmen,agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius untuk menanam pengetahuan wawasan dan informasi sebagai literasi dalam melaksanakan tugas . ( Sonya)

.