Para pelajar yang ikut membersihkan dermaga Youtefa bersama Lurah Ayiwo dan pegawai Distrik .( Foto : Dok Distrik Abepura)

Jayapura ( KPN) -Kepala Distrik Abepura Dionisius Deda, mengatakan kegiatan jumat bersih yang dipusatkan di dermaga Youtefa Kelurahan Way Mhorock, Jumat (1/3/2019) guna membersihkan sampah kirim warga disekitar wilayah Abepura, pasca banjir beberapa waktu lalu.

Kegiatan bersih – bersih dermaga Youtefa , melibatkan pegawai Distrik, kelurahan, BKN dan RT/RW setempat sebanyak 120 orang , Jumat bersih merupakan kegiatan rutin pemerintah Kota Jayapura.

Dikatanya Kegiatan bersih lingkungan ini bukan hanya menjadi agenda setiap jumat namun juga akan berlanjut pada hari – hari libur lainnya dan melibatkan komunitas komunitas pecinta lingkungan ,LSM, dan warga masyarakat.

“Khusus hari ini kegiatan jumat bersih di dermaga Youtefa, karena banyaknya sampah pasca banjir dan juga tempat ini menjadi salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh warga Abepura dan sekitarnya, jadi bersih- bersih ini juga meberikan rasa nyaman bagi para pengunjung,” katanya .

Iapun menambahkan dari kegiatan Jumat bersih ini pun mendapat respon baik dari salah satu warga dimana memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Distrik dan Kelurahan.

Sampah botol kurang lebih 1000 botol minuman keras berbagai jenis dikumpulkan, pada grebek sampah beberapa waktu lalu di dermaga Youtefa .( Foto : Istimewa)

“Salah satu warga yang berjualan di dermaga Youtefa berharap adanya patroli yang dilakukan oleh pihak kepolisian di lokasi ini, karena setiap mereka berjual harus membersihkan sampah botol miras yang ditinggalkan begitu saja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan dermaga youtefa sebagai tempat miras,” kata Dion.

Lanjut Dion untuk menindak lanjuti apa yang disampaikan oleh warganya, dalam waktu dekat melakukan rapat bersama dengan Babinsa, Babinkamtibmas,Danramil , Kapolsek, PPD , PPS, dan juga Bawaslu dan Para Kepala Kelurahan, Akan membicarakan beberapa hal diantaranya, persiapan pemilu , kerja bhakti, patroli bersama, dan juga mengantisipasi masalah Koya Barat Kemarin.( Sonya)