IMG-20170426-WA0001
Karyawan PT.PRP berdemo di halaman kantor Gubernur Papua Dok 2 Jayapura

Jayapura(KPN).Puluhan Karyawan PT. Percetakan Rakyat Papua (PRP) siang tadi menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura. Mereka menuntut, Pemerintah segera menindak lanjuti kasus yang terjadi di kubu PRP sejak tahun 2015 lalu.
Para pengunjuk rasa yang berjumlah kurang lebih 30 orang ini, datang sambil membawa beberapa buah spanduk dan pamflet bertuliskan, 12 bulan tidak di gaji, kami menuntut hak kami. Kami minta diberdayakan bahkan ada pula tulisan, karyawan sehat perusahaan sehat.
“Kami datang kesini (gedung kantor Gubernur,red) untuk menagih janji Pemerintah Papua pada saat kami berunjuk rasa pertama di bulan Maret 2017 lalu. Dimana saat itu beliau berjanji akan memfasilitasi agar Perusahaan membayar gaji karyawan,” terang Dede Gustiawan, Koordinator Aksi, Rabu (26/4/2017).
Aksi puluhan karyawan PT PRP ini merupakan aksi kedua, aksi pertama dilakukan pada 13  Maret  2017 lalu, dengan tuntutan yang sama yakni Pemrrintah harus segera menindak lanjuti kasus yang terjadi di kubu PT PRP. Dan mendesak pihak Perusahaan untuk segera membayar gaji karyawan selama 12 bulan.
“Jika sampai pekan ini, tuntutan kami tidak di indahkam, maka kami akan terus mendesak Pemerintah untuk menindak lanjuti tuntutan kami ini. Karena ini berkaitan dengan hak kami sebagai karyawan,” lanjut Dede.
Sebagaimana diketahui, puluhan karyawan PT PRP, dikabarkan tak lagi mendapat upah mereka sejak tahun 2015 lalu pasca perusahaan milik Pemerintah Papua itu dinyatakan “goyang”. Berbagai upaya terus dilakukan para karyawan, agar Perusahaan menepati janji mereka dengan melunasi upah karyawan, namun hingga kini Perusahaan tak kunjung melunasi hak-hak karyawan.PT PRP sendiri, sejak dilakukan sita berjalan oleh Pengadilan Tinggi Jayapura, hingga kini tak lagi melakukan produksi karena. Banyak karyawan yang kemudian telah dipecat menyusul berbagai permasalahan yang muncul di kubu PRP.(rohana/RHN)