(Walikota BTM saat membuka Musrenbang Distrik Heram, didampingi Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo. Foto : Istimewa)

JAYAPURA (KPN)- Bertempat di salah satu hotel di wilayah Waena Distrik Heram, senin(6/3/2018),Walikota Jayapura, DR.Benhur Tomi .Mano,MM.yang di dampingi Ketua DPRD dan Kepala Distrik,resmi membuka kegiatan Musrembang Tahun 2018.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2018, membahas 228 program dan kegiatan yang merupakan usulan dari tiga kelurahan, dua kampung yang berada di wilayah Distrik Heram

Walikota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengharapkan bahwa program dan kegiatan yang telah dibahas di Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kampung adalah program dan kegiatan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, bukan berdasarkan keinginannya.

“Saya harap setiap distrik sudah mempunyai rekapan-rekapan dari tiap-tiap kampung dan kelurahan jangan dihilangkan tapi dibuat dokumen-dokumennya dengan baik mulai dari tahun 2011 sampai 2018. Rekapan program dan kegiatan itu jangan sampai hilang. Sehingga kita dapat mengetahui program mana yang sudah maupun belum dikerjakan, agar kita dapat merealisasikannya berdasarkan rekapan itu,” ucap Walikota saat membuka resmi kegiatan Musrenbang Distrik Heram.

Lanjutnya forum Musrenbang Distrik Heram sangat penting, sehingga diharapkannya dapat dimanfaatkan dengan baik sekaligus untuk memilih perwakilannya yang akan mewakili Distrik Heram pada kegiatan Musrenbang di tingkat Kota Jayapura.

“Siapa-siapa yang akan dipilih dan dibawa untuk mempertahankan usulan prioritasnya yang akan dipaparkannya di Musrenbang tingkat Kota Jayapura,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Distrik Heram, Jaya Kusuma menyebutkan Musrenbang Distrik Heram dilakukan untuk merekapitulasi usulan-usulan tersebut yang terdiri dari bidang sarana prasarana wilayah terpadu sebanyak 112 usulan, sosial budaya sebanyak 52 usulan, ekonomi sebanyak 28 usulan, dan pemerintahan umum sebanyak 36 usulan. Dengan total biaya sebesar Rp. 22.375.560.000.

“Pelaksanaan Musrenbang akan dilakukan dengan pembahasan tiap-tiap bidang. Masing-masing bidang akan membahas dan menentukan skala prioritas dari usulan kelurahan maupun distrik,” jelas Jaya dalam laporannya pada pembukaan Musrenbang Distrik Heram

Dalam kesempatan itu, dikatakannya pembahasan usulan yang akan dibahas adalah kegiatan yang diusulkan pembiayaannya bersumber dari dana APBD Kota Jayapura yang tertuang dalam DPA SKPD Distrik Heram tahun 2018 program optimalisasi pelayanan pemerintah daerah kegiatan pemberdayaan distrik.

Menurutnya, kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan didistriknya telah dilakukan sejak 19-24 Februari 2018 di Kantor Kelurahan masing-masing.

Dilaporkannya sebanyak 95 peserta Musrenbang Distrik Heram yang terdiri dari 21 orang utusan kelurahan, sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ada di wilayah Distrik Heram, Puskesmas di wilayah Distrik Heram, PKK Kelurahan, Anggota DPRD Kota Jayapura Daerah Pemilihan IV, PKK Distrik Heram, dan perwakilan OPD Pemerintah Kota Jayapura.

Turut hadir juga Walikota Jayapura, Ketua DPRD Kota Jayapura, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota, serta beberapa pimpinan OPD di lingkup Pemkot Jayapura, dan perwakilan TNI/Polri di wilayah Distrik Heram.