Jayapura (KPN)- Bertempat di salah satu hotel di wilayah Abepura,Jumat (6/7/2018),Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura menggelar Rapat Pleno Terbuka tentang Rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 ditingkat Kota Jayapura.

Rapat pleno terbuka dimulai pukul 10.00 WIT dan dipimpin oleh Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia, SH.

Sebelum rapat dimulai, Anggota KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama, SH. MH. terlebih dahulu membacakan tata tertib pelaksanaan rapat tersebut.

Saat berlangsung rekapitulasi penghitungan suara, juga dihadiri masing-masing saksi dari calon kandidat, panitia pemilihan distrik Se-Kota Jayapura, panitia pengawas Pemilu Kota Jayapura, Ketua dan Anggota KPU Kota Jayapura selaku penyelenggara, serta aparat keamanan dari Polresta Jayapura Kota dan Kodim 1701/Jayapura.

“Untuk masing-masing pendukung calon, terlihat sangat tertib dan saling menjaga keamanan serta tidak saling menyinggung. Kami selaku pihak penyelenggara sangat apresiasi bagi masing-masing tim pemenangan calon kandidat dan semua pihak, karena sangat menghargai dan membuat semua berjalan dengan baik, aman, lancar dan damai, ” ucap Ketua KPU Kota Jayapura, Henock Merahabia, SH.

Setelah berlangsung, Henock membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang diperoleh ditingkat KPU Kota Jayapura yang membawahi lima distrik yakni Distrik Abepura, Heram, Jayapura Selatan, Jayapura Utara dan Muara Tami, yaitu Paslon 1 sebanyak 65.201 suara (46,26%) dan Paslon 2 sebanyak 75.724 suara (53,73%)

Tidak terdapat keberatan atas hasil rapat pleno tersebut baik dari pihak saksi Paslon 1 dan Paslon 2 juga dari Panwaslu Kota Jayapura.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara ini kemudian dituangkan dalam berita acara, dan diungkapkan Henock bahwa pihaknya langsung akan mengantarkan perolehan hasil rekapitulasi tersebut kepada KPU Provinsi Papua usai penutupan rapat pleno yang diakhiri pukul 17.49 WIT. (Echa)