Lanjut ke konten

Akhirnya KPU Papua Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

Bupati Mimika terpilih Eltinus Omaleng, menerima pengesahan hasil rapat pleno penetapan Pilkada 2018 dari ketua KPU Papua (ft/ istimewa)

Jayapura ( KPN)-Setelah melalui proses panjang akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettop untuk periode 2018-2023. Peleno penetapan berlangsung di Hotel Grand Abe, Rabu 19 September 2018.

Dalam pemilihan Pasangan bupati terpilih Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Om Top) diusung oleh 9 partai politik (parpol) yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Demokrat, Nasdem, Hanura, PKB, PAN, PBB dan PKPI. Selain itu tiga partai pokitik non parlemen yang tidak mempunyai kursi di DPRD Mimika yakni PKS, PPP dan Perindo.

Pasangan bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten Mimika memperoleh suara sah 60513 atau 33,11 persen dari total suara sah.

Ketua KPU Provinsi Papua selaku KPU Mimika, Theodorus Kosay mengatakan mengambilalihan dilakukan oleh KPU Papua karena KPU Mimika sudah demisioner.

“kami sampaikan terimakasih kepada KPU Mimika yang telah melaksanakan tahapan pilkada Mimika walaupun ada persoalan yang terjadi tetapi itulah dinamika.” ungkap Kosay.

“Kami sampaikan ucapan terimasih kepada aparat keamanan baik TNI maupun polri yang sudah memberikan rasa aman kepada masyarakat selama proses tahapan pilkada berkabgsung,” kata Kosay.

Dia juga memberikan apresiasi kepada media du Papua yang telah memberikan informasih yang mencerdaskan kepada masyarakat selama tahapan berlangsung

“Media berperan besar dalam seluruh tahapan pilkada Papua dalam mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan.

Bupati terpilih Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mimika dan tim pemenangan.

“Perjuangan di kabupaten Mimika aneh-aneh oleh KPU Mimika, saya apresiasi KPU Papua yang telah mengambil langkah untuk penetapan pleno hari ini sesuai dengan Undang-Undang.” ujar Omaleng.

“Semua perbedaan yang terjadi selama ini di Timika kita hilangkan dan mari bergandengan tangan membangun Mimika yang cerdas, mandiri dan sejahtra.” kata Johannes Rettop, wakil bupati terpilih.(Sonya)

%d blogger menyukai ini: