Gubernur Papua, Lukas Enembe menyerahkan piala kepada pemenang lomba volly dan futsal di kampung babrongko, Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura, (ft/istimewa)

JAYAPURA (KPN) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bersama Ketua Tim Kampanye Lukmen Jilid 2 yang juga Ketua DPRP, DR. Yunus Wonda, MH resmi menyerahkan hadiah atau piala kepada pemenang pertandingan Futsal dan Volly Lukmen Cup Jilid 2 di Kampung Babrongko, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/10).

Selain menyerahkan piala, dalam kesempatan itu juga Gubernur Enembe mensosialisasikan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 kepada masyarakat di Kampung Babrongko.
Gubernur Lukas Enembe dalam sosialisasinya mengajak masyarakat Kampung Babrongko dan kampung lainnya yang mendiami pulau di seputaran Danau Sentani agar bersama sama menyukseskan perhelatan PON XX.

“Para pemuda di kampung ini kalian harus bersiap diri menghadapi PON yang tinggal dua tahun lagi. Kalian harus terus berlatih, asah kemampuan kalian di bidang olahraga (olahraga dayung, volly dan futsal). Kalian harus tunjukkan bahwa atlit Papua juga bisa bersaing dengan atlit dari daerah lain,”ujar Lukas.

Menurut dia, Papua menjadi tuan rumah PON akan jadi bukti sejarah yang akan selalu diingat oleh para generasi penerus.
Oleh karenanya, sudah sepatutnya memberikan yang terbaik, tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan sebagai tuan rumah, tetapi juga sukses dalam prestasi para atlitnya dan tentunya sukses dalam administrasi.

“Kalau jadi juara PON selama ini masih dipegang oleh provinsi di Pulau Jawa sana. Tapi setidaknya target kita bisa masuk 10 besar. Kita harus kembalikan kejayaan atlit Papua seperti di masa masa lampau. Kalau perlu atlit Papua tidak hanya menang di PON tetapi juga di tingkat Asia bahkan dunia,” katanya optimis.

Di kesempatan itu, Gubernur juga memaparkan progress dari pembangunan Stadion Papua Bangkit dimana ditargetkan rampung pada desember 2018 mendatang.
“Saya ingin semua orang bisa mengambil bagian dalam menyukseskan PON, bukan hanya masyarakat di kampung ini, tapi seluruh warga Kabupaten Jayapura dan juga masyarakat Papua,” ajaknya.
Menyoal pertandingan volly dan futsal dalam rangka Lukmen Cup, kegiatan ini merupakan inisiatif dari tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II kala itu.

Dimana salah satu anggota tim, Ramses Wally yang juga ketua salah satu partai koalisi, PKPI Papua mengusulkan untuk menggelar pertandingan olahraga di Kampung Babrongko.

Gayung bersambut, ide ini diterima oleh Ketua Koalisi, Yunus Wonda yang kemudian datang membuka secara resmi pertandingan pada April lalu bersama dengan anggota koalisi lainnya.
Bagi Gubernur Lukas Enembe, Kampung Babrongko dan Putali sudah seperti kampung halamannya sendiri.
“Ini kali kedua saya datang kesini. Dulu waktu pencalonan periode pertama tahun 2013 lalu saya pernah kesini dan sekarang saya datang lagi,” akunya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat di kampung ini yang telah memberikan dukungan doa dan suaranya buat saya dan pak Klemen Tinal, sehingga kami bisa kembali melanjutkan kepemimpinan di periode kedua. Walaupun secara keseluruhan di Kabupaten Jayapura kami kalah (dari pasangan JWW-HMS). Namun kami tetap berterima kasih kepada masyarakat Jayapura yang telah memberikan dukungan suaranya kepada kami. Sejarah itu dimulai dari sini,” ucapnya berterima kasih.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Lukmen Cup yang juga seorang Ondofolo Kampung Babrongko, Ramses Wally menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lukas Enembe yang telah hadir dan menyerahkan langsung hadiah bagi para pemenang Lukmen Cup.

“Terima kasih buat bapak Gubernur yang sudah sangat memperhatikan masyarakat di kampung ini. Dulu waktu pembukaan, hanya dihadiri Ketua Koalisi, dan Ondofolo di kampung ini sudah mendoakan, bahwa Lukmen akan menang dan itu terbukti hari ini,” katanya.

Hadiah pembinaan bagi para pemenang cukup besar.
Untuk juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp 50 Juta, juara II sebesar Rp 40 Juta, Juara III Rp 30 Juta dan juara IV sebesar Rp 20 Juta. (Celia)