Danau Sentani Kabupaten Jayapura (ft/Sonya)

Sentani (KPN)- Di atas Danau Sentani tepatnya di perairan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua telah ditemukan kampung tua hunian prasejarah oleh Balai Arkeologi Papua.
Hari Suroto, salah satu arkeolog senior dari

Balai Arkeologi Papua saat berada di Kota Jayapura, Rabu mengatakan penelitian yang dilakukan pada April tahun ini bertujuan untuk mengetahui hunian yang ada di sekitar kampung itu.

“Lewat eksplorasi yang kami lakukan di perairan Danau Sentani sekitar Kampung Doyo Lama, berhasil ditemukan bekas-bekas tiang rumah di dalam air,” katanya.
Menurut dia, tiang-tiang rumah itu terbuat dari batang pohon soang yang mampu bertahan ratusan tahun, sehingga secara tradisional oleh masyarakat Sentani dijadikan sebagai tiang rumah.
“Masyarakat Doyo Lama menyebut tempat yang ditemukan bekas-bekas tiang rumah ini dengan nama Ayauge,” katanya.

Ayauge, kata dia, merupakan kampung tua di atas air. Ayauge pada masa lalu dipilih oleh nenek moyang masyarakat Doyo Lama ketika mereka berpindah dari Pulau Kwadeware, sebuah pulau di tengah Danau Sentani bagian barat.

“Eksplorasi di Ayauge hanya menemukan bekas-bekas tiang rumah, tetapi artefak lainnya belum ditemukan, hal ini karena terbatasnya alat menyelam,” katanya. (cici)