Jakarta (KPN)- Road Show dalam rangka suksesi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Provinsi Papua hari ini, Kamis pagi (08/11/2018) dilanjutkan ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub – RI).

Rombongan dipimpin Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, Sekretaris Daerah, TEA Hery Dosinaen, S.IP, MKP, Asisten I Doren Wakerkwa,SH.
Ketua MRP, Timotius Murib, Kepala Bappeda, DR. M Musa’ad, Kepala Dinas Perhubungan, Ricky Wambrauw, Kepala Inspektorat, Anggiat Situmorang, SH, Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Daud Ngabalin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kansianna Salle, SH, Kepala Badan Keuangan, Ridwan Rumasukun, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Gerson Djitmau, SH.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono, PLT. Dirjen Perhubungan Udara, Pramintohadi S, PH. Dirjen Perhubungan Laut, Junaedi, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana, Kepala Biro Perencanaan Kemenhub dan Pejabat Eselon II Kemenhub lainnya.

Usai pertemuan, Menhub kepada wartawan mengatakan, Kementerian Perhubungan akan mendukung penuh pelaksanaan PON 2020 di Papua.
Menurutnya, PON 2020 di Papua akan berlangsung di lima klaster, dan pihaknya akan memberikan dukungan armada transportasi di lima lokasi tersebut maupun kabupaten peyangga PON.
Selain itu, kata Menhub, pihaknya akan mengundang operator penerbangan untuk membicarakan adanya penambahan rute ke wilayah Papua, khususnya lokasi-lokasi penyelenggaraan PON.
“Kita akan mensuport dengan menyediakn bus, maupun kapal yang bisa dijadikan sebagai hotel terapun,” ujarnya.
Ditanya terkait harga tiket yang sangat tinggi ke Papua, kata Menhub, semua itu akan ditertibkan dan akan memanggil operator penerbangan. Yang jelas, kita semua mendukung PON di Papua dan akan menambah extra flight ke lima wilayah Papua yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2020.
Sekedar diketahui, lima klaster penyelenggaraan PON 2020 di Papua, yakni, Jayapura (Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura), Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Sedangkan Kabupaten penyangga yakni, Kabupaten Nabire, Kepulauan Yapen dan beberapa Kabupaten lainnya di Papua. (Celia)