Penanaman 109 pohon dlm rangka HUT Kota Jayapura bertempat di Kelurahan Wai Mhorock. Kerjasama Ikatan Keluarga KALWEDO Se-Jayapura dan PERPRI GPI Elim Abepura .( ft/ istimewa)

Jayapura ( KPN)- Dalam rangka menyambut Hut Kota Jayapura dan masuknya injil di Tanah Tabi, persekutuan kaum bapak di jemaat GKI Elim Abepura, komunitas Ikatan Keluarga Maluku, dan Forum Peduli Port Numbay Green, kerjasama dengan distrik Abepura mengadakan aksi menanaman pohon, yang dipusatkan di Dataran tinggi di kelurahan way mhorock Distrik Abepura, Sabtu (16/2/2019).

“Lokasi ini kami pilih karena kami mau lihat tempat ini strategis tapi mulai tandus, digunduli dan drainase drainase depan kantor lurah sampai pasar yotefa itu tersumbat oleh material yang turun langsung dari daratan bukit way Mhorock, material ini juga sampai ke dermaga youtefa,”kata Dionisus Deda kepala distrik Abepura.

Pegawai distrik bersama peserta ,saat menanam pohon (ft/ istimewa)

” Penanaman ini juga penting untuk menahan supaya tidak ada tanah atau material yang turun secara langsung ketika hujan, yang mengakibatkan penyumbatan dranese di sepanjang kantor kelurahan hingga pasar youtefa , sehingga penanaman ini sebagai salah satu pencegahan tanah longsor,” katanya

Dikatanya penanaman yang dilakukan di dataran bukit way mhorock atau belakan way Mhorock tahun ini merupakan kegiatan kedua, sebelumnya dilakukan juga penanaman pohon dalam rangka Hut PKK.

Pohon yang di taman dalam menyambut HUT Kota Jayapura ke- 109 , sebanyak 109 sesuai dengan Hut Kota, Adapun pohon yang di tanam sebanyak 6 jenis diantaranya rambutan , matoa, durian, pinang dan juga tranbesi.

Foto bersama aksi penanaman 109 pohon . ( ft/ Istimewa)

“Kami melakukan kerjasama dengan pemilik hak ulayat karena tanaman yang kami tanam , Kami berharap bisa dirawat karena kedepan bisa memberikan dampak ekonomi bagi pemilik hak ulayat karena koordinasi kami dengan mereka, tanaman yang kami taman menghasilkan buah yang memiliki nilai ekonomis ,” ungkapnya

Untuk perawatan dan pemeliharaan pihak distrik menyerahkan sepenuhnya kepada pemilik hak ulayat , namun tetap memantau perkembangan tanaman tersebut, sehingga tetap tumbuh sesuai dengan harapan bersama, Penanaman ini juga mendapat respon positif dari pemilik hak ulayat . ( Sonya)