Lanjut ke konten

Pantau Kondisi Gizi Anak lewat Layanan Posyandu

Pelayanan Posyandu Palapa Tanjung Ria (Foto : Lina)

Jayapura (KPN). Bertepatan dengan bulan pemberian Vitamin A dan pemberian obat cacing yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Februari dan Agustus, Posyandu Palapa bersama dengan Puskesmas Tanjung Ria mengadakan pelayanan posyandu. Pelayanan dilakukan bagi warga Tanjung Ria dan sekitarnya, bertempat di lapangan Tenis PT.Telkom Kayu Batu Jayapura, Senin (07/02/22).

Sekitar 30  bayi dan balita menerima vitamin A, obat cacing dan sejumlah imunisasi dari petugas kesehatan puskesmas Tanjung Ria.

(Foto: Lina)

Alce makanuay, salah satu ibu yang membawa anaknya untuk menerima pemberian Vitamina A dan obat cacing menyampaikan bahwa, ia datang untuk menerima pelayanan posyandu karena menyadari pentingnya pemberian vitamin dan obat cacing bagi proses tumbuh kembang anaknya.

Sementara itu, Hermelina Ayomi, salah satu kader Posyandu menyampaikan bahwa, biasanya ada beberapa ibu yang tidak lagi membawa anaknya ke Posyandu setelah usia anak Sembilan bulan.

“Sebaiknya setiap bulan dibawa ke Posyandu untuk anak 0-5 tahun untuk dipantau tumbuh kembangnya. Kadang ibu-ibu kalo anaknya sudah diimunisasi lengkap 9 bulan, sudah tidak datang lagi ke Posyandu,” terang hermelina.

(Foto : Lina)

Lebih lanjut dijelaskan hermelina bahwa layanan pemeriksaan tumbuh kembang anak yang dilakukan oleh Posyandu sangat penting untuk memantau kondisi kecukupan gizi anak, agar terhindar dari masalah gizi buruk yang akan berdampak pada masalah kesehatan lainnya.

Posyandu Palapa membuka pelayanan setiap bulan pada minggu pertama. Sebanyak 5 kader Posyandu dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Tanjung Ria yang melayani di Posyandu Palapa, selain melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak, mereka juga memberikan Vitamin A bagi anak sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan februari dan agustus bagi anak yang berumur 6 bulan – 5 tahun. Pemberian obat cacing bagi setiap anak juga dilakukan miminal sekali setahun, bagi anak usia 4-12 tahun.

Kesadaran warga masyarakat akan pentingnya membawa anak ke posyandu juga semakin baik, hal ini diukur dengan angka kunjungan Posyandu Palapa yang terus meningkat setiap bulan. (Hermalina Windesy)

%d blogger menyukai ini: