Keerom ( KPN) – Kehadiran PT. Tandan Sawita Papua diharapkan bermanfaat dan meningkatkan ekonomi masyarakat Asli Keerom. Hal tersebut disamapaikan Bupati Kabupaten Keerom Keerom Muh Markum SH.MH.MM, pada acara peresmian PT Tandan Sawita Papua.

Bupati Markum pada acara peresmian PT Tandan Sawita Papua, dengan menyampaikan selamat atas Komisaris PT Tandan Sawita Papua Gelora Sinuraya serta seluru kariawan diharapkan dengan hadirinya PT Tandan Sawita Dapat memberikan dampak pembangunan bagi masyarakat Keerom.

“Dengan hadirnya Pembangunan Daerah perkebunan yang dilaksanakan oleh PT Tandan Sawita Papua ini akan membuka daerah baru dan lapangan kerja khususnya dan manfaat bagi masyarakat yang ada di Arso Timur bagaimana kita ketahui bersama Arso Timur ini 13 tahun yang lalu belum seramai sekarang, oleh sebab itu PT Tandan Sawita Papua harus melibatkan rakyat petani -petani yang ada di daerah,” ujarnya di Arso Timur, Kamis, (21/2).

Selain itu, bupati juga berpendapat pembangunan perkebunan sawit di Kabupaten Keerom akan menumbuhkan perekonomian yang lebih maju oleh karena itu selaku pemerintah daerah menyambutnya dengan respon positif.

“Saya minta agar PT tandan sawita Papua Dalam operasional dapat memberikan manfaat atau nilai tambah terutama kepada masyarakat adat Papua diharapkan dengan hadirnya perusahaan ini mampu memberikan peningkatan nilai ekonomi maupun nilai sosial baik secara langsung maupun tidak langsung,” katanya.

Menurutnya fasilitas seperti pendidikan koperasi olahraga maupun bidang-bidang lainnya jika hari ini terwujud berarti kehidupan perusahaan ini akan mendapat apresiasi yang luar biasa terutama kepada masyarakat adat.

Demikian juga mampu membangun daerah Keerom sebagaimana yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemda dan memperhatikan masyarakat umum dan karyawan perusahaan.

“Saya pesankan agar jika terjadi perselisihan baik antara perusahaan dengan masyarakat adat maupun dengan karyawan agar diselesaikan secara musyawarah, mufakat kepada masyarakat adat dan masyarakat umum saya minta untuk mendukung operasionalisasi perusahaan ini mohon jangan diganggu dirusak lebih-lebih selalu demo, Jika ada hal-hal yang kurang berkenan dapat disampaikan secara baik-baik terdekat,” paparnya.

Dia juga menambahkan kehadiran perusahaan PT tandan sawita Papua diharapkan juga mampu menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Saya mengajak perusahaan dan seluruh masyarakat bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup agar tetap terjaga sumber air, udara dan juga lingkungan alam lainnya, flora dan fauna,” tutupnya, (Sonya)