Sekda Hery Dosinain mewakili pemerintah Papua, menerima surat pernyataan sikap dari Ketua FKUB Papua Pendeta Lipius Beniluk yang disaksikan oleh para pengunjuk rasa ( Foto: Sonya )

Jayapura ( KPN) – Ratusan Masyarakat Papau baik dari berbagai dedominasi gereja yang tergabung dalam Forum kerukunan umat beragama Papua,mahasiswa dan organisasi , Senin (4/3/2019) , datangi kantor Gubernur dok II Jayapura Papua .

Aksi demo damai yang dilakukan di depan kantor Gubernur Papua, menuntut agar pihak Polda Papua memproses secara hukum Ja’far Umar Thalib dan pengikutnya di Tanah Papua.

Dalam kasus perusakan rumah milik keluarga Henock Niki di Koya Barat , Distrik Muara Tami , Kota Jayapura , Rabu ( 27/2/2019) lalu.

Para pengunjuk rasa, saat mendengar 9 pernyataan sikap yang di bacakan oleh ketua Persekutuan Gereja – gereja Se- Kota jayapura . ( Foto : Sonya )

Dalam aksi tersebut Ketua Persekutuan Gereja – gereja Se- Kota Jayapura Pendeta James Wambrauw, membacakan 9 pernyataan sikap di hadapan para pendemo satu diantaranya” menyerukan kepada Polda Papua agar mengusut tuntas sampai ke akar- akarnya paham radikal dan inteloransi kelompok Ja’far Umar Thalib karena menimbulkan keresahan di masyarakat dan dapat memprovokasi kerusuhan antar umat beragama di Tanah Papua.

“Intinya Ja’far Umar Thalib dan kroni – kroninya tidak boleh ada di Tanah Papua , dipulangkan ke tanah asalnya,” tegas Ketua Forum kerukunan umat beragama Papua, Pendeta Lipius Biniluk, dihapan para pendemo.

Ketua FKUB Papaua Pendeta Lipius Biniluk , memberikan arahan kepada pengunjuk rasa ( Foto : Sonya )

Lanjut Ketua FKUB , setiap agama tidak megajarkan untuk melakukan membuhan , karena hal tersebut bertentangan dengan Kitab suci.

” Kita tidak menginginkan Papua berdarah, Papua konflik, Papua seperti Ambon, Poso dan Sampit, hari ini kita buat kesepakatan Ja’far Umar Thalib yang di tangkap oleh polisi harus di proses , kita sekarang memberikan dukungan kepada polisi Kapolda untuk menindak Ja’far Umar Thalib dan kita semua masyarakat Papua yang ada di portnumbay harus kawal hingga tuntas,” Tegas Tokoh Muslim di Tanah Papua Habib Thaha AL Hamid, mewakili Umat Muslim di Papua,

Hal sedana juga disampaikan Walikota Jayapura DR. Benhur Tommi Mano, MM, disela- sela acara nikah massal yang digelar pemerintah Kota Jayapura, Sabtu ( 2/3/2019) dalam rangka Hut Kota Jayapura ke-109, dimana Walikota minta Kapolda Papua segera menangkap yang bersangkutan dan diproses secara hukum, karena Tanah Papua adalah tanah yang damai,”Tegas Walikota.

Forum kerukunan umat beragama saat berada di depan kantor Klasis Portnumbay , berdiri sambil memengang spanduk , sebelum melakukan longmars ke kantor Gubernur dok 2 Jayapura , ( Foto : Istimewa)

Sementara itu Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mewakili Pemerintah Papua dihadapan para pendemo , mengatakan pada prinsipnya pemerintah mendukung penuh aspirasi FKUB dan masyarat untuk pulangkanJafar Umar Thalib dan pengikutnya ke daerah asalnya.

Ja’far Umar Thalib dan pengikutnya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik, maka Sekda berharap masyarakat Papua tidak terprovokasi atas kasus tersebut, karena kasus tersebut sudah diserahkan kepada pihak Kepolisian biarlah diselesaikan oleh pihak yang berwajib. ( Sonya)