Bupati Abuck Busup, saat memberikan keterangan terkait pelayanan kesehatan di Yahukimo. ( Foto : Sonya )

Jayapura ( KPN) – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Yahukimo, Bupati Abuck Busup, mengatakan tahun 2019, Pemda siapkan dana sebesar 7 miliar.

Penambahan dana 7 miliar terkait dengan penanganan kesehatan di Yahukimo, salah satunya masalah temuan satu kasus baru polio di Kabupaten Yahukimo Tahun 2018, ungkap Bupati Yahukimo kepada wartawan, Sabtu (2/3/2019), di salah satu hotel di Abepura.

Satu bulan lalu pemerintah kabupaten Yahukimo bersama Kementerian kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua melakukan rapat koordinasi membahas kasus tersebut dan dari pihak pemerintah Yahukimo sudah menanganinya.

Dikatakannya dari hasil rapat koordinasi tersebut, telah menyampaikan kepada Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Papua Dan Panglima TNI bahwa dari laporan petugas kesehatan yang diturunkan ke daerah tersebut hanya satu orang.

“Yang terkena polio orang Yahukimo, namun menetap di Sentani dan juga sudah kami tangani, memperbanyak petugas untuk mengecek tapi ternyata yang menderita polio hanya satu saja,” katanya

Lanjut Bupati, ia juga ditanya baik oleh Panglima TNI maupun Kementerian tentang kasus Polio tersebut dan ia menyampaikan bahwa kasus tersebut sudah di tangani. Dirinya juga meminta Dinas Kesehatan untuk memperbanyak petugas, melakukan Imunisasi Gizi buruk dan layanan posyandu.

“Pengiriman obat ini yang kita siapkan anggaran untuk mereka turun sehingga penanganannya lebih cepat.Sehingga mereka minta untuk Yahukimo KLB, tapi saya bilang kita sudah clear, kita hanya penanganan saja,” ungkap Bupati.

Penanganan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Yahukimo secara cepat, sehingga tidak menyebar ke orang lain, dimana pasien tersebut di rawat secara insentif.

“Penambahan dana tahun ini 7 miliar sebelumnya 4 miliar, ini kita penambahan dari dana Otsus karena sampai saat ini dana Otsus belum ada kepastian angka, karena pengaruh dengan PON 2020, jadi kami ambil dari dana alokasi umum. Sehingga penanganan kesehatan di kabupaten Yahukimo penaganannya harus serius,” kata Bupati Yahukimo.( Sonya)