Foto : Istimewa

Jayapura ( KPN) – KPUD Kabupaten Dogiyai menyebutkan 4 distrik harus ditempuh dengan sewa helikopter dalam pendistribusian logistik pemilu.

Ketua KPUD Dogiyai, Andarias Gobai menyebutkan ke-4 distrik yang harus ditempuh dengan transportasi udara adalah distrik-distrik terjauh dari ibukota kabupaten, yakni Distrik Sukikai Selatan yang berbatasan dengan Kaimana, Distrik Piyaye berbatasan dengan Fakfak, Sitrik Mapia Barat dan Distrik Kamuu bagian Selatan yang berbatasan dengan Timika.

Andi menambahkan, dana distribusi untuk logistik pemilu saat ini hanya dialokasikan Rp 3 miliar, dari dana idelanya Rp 7-9 miliar, seperti saat Pilkada 2018.

Saat ini, logistik pemilu Kabupaten Dogiyai masih tersimpan di Nabire, karena faktor lokasi yang kurang aman. KPUD setempat akan menggeser logistik pemilu pada H-20 ke Dogiyai.

“Ada sekitar 348 caleg untuk memperebutkan 25 kursi di DPRD Dogiyai. Ini yang rawan Pileg. Namun sistem noken yang masih digunakan dalam pemilihan ini berdasarkan musyawarah untuk mufakat, walaupun kami sebagai penyelenggara terus megajarkan demokrasi yang baik dan benar,” ucapnya. (Sonya Obinaru)