Sekretaris bappeda kab. Yahukimo Riswanjaya Tandibiring. ( Foto : Diskominfo Yahukimo )

Yahukimo ( KPN)- Pemerintah Kabupaten Yahukimo menggelar pelatihan dan bimbingan bagi 32 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayahnya. Pelatihan tersebut, menurut Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Yahukimo, Riswanjaya Tandibiring, dilaksanakan sebagaimana amanat Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Kami Pemerintah Daerah sekarang dalam proses penyusunan LPPD. Penyusunan ini dibantu tim asistensi dari Pemerintah Provinsi, sehingga nantinya kita bisa menyampaikan LPPD tepat waktu dan berkualitas,” ujar Riswanjaya melalui siaran pers yang dikeluarkan oleh Diskominfo Yahukimo, Minggu (7/4/2019).

Riswanjaya berharap, seluruh OPD di Yahukimo, dapat berpartisipasi dan bekerja keras menyiapkan data disertai bukti bukti yang valid, untuk mendukung terlaksananya penyusunan LPPD yang berkualitas, baik dan benar.

Tahun 2017, kata dia, Pemkab Yahukimo kurang maksimal dalam penyusunan laporan LPPD, sehingga dengan bimbingan dari Pemerintah Provinsi LPPD yang dihasilkan lebih berkualitas.

“Ini sudah sekian kali dilakukan karena merupakan amanat PP nomor 3 tahun 2007, dan memang tahun 2017 hasil kami tidak maksimal dan kurang memuaskan. Tapi kami optimis kedepan akan lebih baik, karena ada pendampingan dari tim BPKP,” ujarnya.

“Inti dari laporan ini yaitu, data beberapa tahun ini belum maksimal karena agak susah kami dapatkan karena Daerah masih baru dan masih perlu penyempurnaan, mengingat karena kondisi kami di Yahukimo,” tambahnya.

Disinggung tentang antusias OPD, Riswanjaya mengaku, antusias OPD sebagai peserta pelatihan cukup tinggi.

“Antusias mereka (OPD,red) cukup tinggi dan target kami berusaha maksimal. Dengan SDM yang ada di semua OPD kita bisa masuk 10 besar tingkat Provinsi,” kata Riswanjaya.

Riswanjaya mengaku, materi yang diberikana pada pelatihan tersebut, berkaitan dengan bagaimana Pemerintah Daerah mempertangung jawabkan apa yang di kelolah, terutama anggaran, program dan kegiatan. Hal ini harus dipertangung jawabkan, disinilah kinerja Pemerintah Daerah dapat diukur, bersungguh – sungguh atau belum maksimal.

“Karena dari tabel IKK disitu kita bisa terlihat kinerja kita ditahun 2018 lalu. Didalam matrik tersebut ada tabel 31.32 dan 33,” papar dia.( Diskominfo Yahukimo)