Anggota Kwarda Papua dan Polisi perairan saat menurunkan bantuan ke kampung Putali ,Rabu 3/4/2019. ( Foto : Sonya )

Sentani ( KPN)- Sebanyak dua puluh titik bantuan yang di salurkan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua peduli kasih korban banjir bandang Sentani.

Hal ini disampaiakan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua Kristhina .L. Mano, Usai menyerahkan bantuan bagi warga terkena bencana( luapan air danau Sentani), Rabu (3/4/2019),di Kampung Simpora Distrik Embungfau,merupakan kampung terakhir saluran bantuan peduli kasih Kwarda Papua.

Ketua Kwarda Papua Kristhina.L.Mano,mengatakan Kwartir daerah Papua melalui pramuka peduli yang berada di masing- masing Kwartir cabang telah memberikan bantuan peduli mereka yang dikirim lewat Kwartir daerah Papua.

“Yang telah didistribusikan mulai dari hari pertama, Minggu (17/3) hingga Rabu ( 3/4/2019), sebagai bentuk dan kepedulian terhadap sesama,”kata Ka, Itha.

Ka’Kwarda Papua memberikan bingkisan kepada anak- anak di tempat pengungsian ,di halaman gereja GKI Efata Puyo besar Kampung Putali, Rabu 3/4/2019. ( Foto : Sonya )

Dikatanya sebanyak dua puluh titik atau lokasi,yang mendapatkan bantuan secara langsung oleh Kwarda Papua.

Diantaranya kampung – kampung di sekitar danau Sentani sebanyak enam titik,yaitu Hobong,Ifar besar,Ifale, Putali,Babrongko dan Simpora Distrik Embungfau.

Posko puspenka bantuan yang disalurakan sebanyak dua kali, posko induk gunung merah Kemiri ,Gereja Golgota kampung Bambar Doyo baru.

Rombongan Kwarda Papua menuju ke kampung Babrongko ( Foto : Sonya )

“Bantu pendistribusian logistik di posko induk, bantu pengerahan pengungsi di posko induk, bantu pendistribusian bama dan pembersihan posko GOR Toware, pendistribusian bama di posko stadion bas youwe, dan distribusi bama di kampung Yongsu Desoyo distrik Ravenirara,” ungkap Ka’Itha.

Ditambahkanya selain peduli kasih Kwarda Papua di kabupaten Jayapura, kwarda papua juga menyalurkan bantuan peduli kasih kepada warga kota Jayapura yang terkena bencana.

“Koya barat di tiga titik yaitu kampung Koya tengah, posko mata jalan Koya, Masjid Koya Barat, membuka posko di kampung Yoka bekerja sama dengan tim penggerak PKK kota Jayapura selama empat hari, dan ikut mengevakuasi warga di belakang expo yang juga terkena luapan air danau Sentani,”uangkap Ka’Itha.

Foto bersama Ka’ Kwarda Papua, Sekretaris Kwarda Papua , ketua DKD serta kepala Bank Indonesia perwakilan Papua dan kepala kampung ,usai menyerakan bantuan peduli kasih Kwarda Papua bersama Bank Indonesia. (Foto : Dok . Kwarda Papua )

Kata Ketua Kwarda Papua,inilah nama- nama Kwartir cabang yang memberikan bantuan bagi korban bencana banjir bandanf melalui peduli kasih Kwarda Papua.

Diantaranya Kwarcab Yapen, Biak Numfor, Nabire, Kota Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Asmat, Kwartir ranting Sape Kwarcab Bima Kwarda Nusa Tenggara Barat dan Kwarda Jawa Timur

Sebagai bentuk dan kepedulian terhadap sesama sesuai dengan dasa darma pramuka dan tri satya pramuka yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat .

Kegiatan ini juga melibatkan pramuka peduli dari Kwarcab-Kwarcab terdekat yang tergabung dalam tim peduli bencana yang tersebar di posko – posko.

Masyarakat Ravenirara saat mengambil bantuan yang di salurkan langsung oleh Kwarda Papua bersama Bank Indonesia perwakilan Papua .( Foto : Dok . Kwarda Papua )

“Kwartir daerah Papua juga sudah memberikan bantuan langsung baik itu diposko induk yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Jayapura, tapi juga Kwarda Papua langsung menyerahkan bantuan secara langsung kepada masyarakat. Dan berharap apa yang Kwarda berikan kepada masyarakat yang terkena bencana ini dapat menolong, membantu dan juga meringankan beban mereka ,” ungkap Ka’ Kwarda.

Ka’Kwarda berharap bantuan yang diberikan kepada masyarakat hari ini dapat diterima dan jagangan dilihat dari besar kecilnya

Ditambahkanya atas nama pribadi, keluarga dan juga Ketua Kwarda Papua mengucapkan turut senasib dan sepedanggungan bersama dengan masyarakat yang berada di kabupaten Jayapura dan juga yang berada di tengah- tengah danau.

“Kita berharap bahwa bencana ini akan cepat berlalu dan masyarakat dapat bangkit dan juga dapat diperhatikan oleh pemerintah kabupaten,Provinsi bahkan pemerintah pusat, sehi mereka juga dapat kembali ke rumah mereka masing- masing dan dapat bekerja seperti sediakala,” ungkap Ka’Kwarda

Sementara itu kepala kelurahan Dobonsolo Veronika Felle, mewakili pemerintah dan masyarakat kabupaten Jayapura mengucapkan banyak terima kasih kepada Ka, Kwarda Papua beserta rombongan yang secara langsung memberikan bantuan bagi Warga Jayapura khususnya yang berada di danau Sentani .

” Bantuan langsung yang bersentuhan langsung dengan masyarakat lebih terutama anak-anak kecil.kehadiran ibu mereka punya sambutan yang luar biasa,mereka tidak melihat peristiwa kemarin tetapi mereka lihat orang lain bisa datang mengunjungi mereka,” katanya.

Saya mewakil distrik Sentani pemerintah Jayapura mengucapkan terimkasih banyak untuk semua bantuan doa kami semoga ibu dan bapak selalu sehat bahkan semua tim yang ikut membantu hingga proses penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan sukses , bekeeja dengan hati karena Tuhan akan memberkati apa yang kita buat di tempat ini.

Sementara itu ketua majelis jemaat GKI Efata Puyo besar kampung Putali Pendeta Maria Kabes, S,Si, menyampaikan terimakasih untuk bantuan dan kepriatinanan dari Kwarda Papua yang diantar sendiri oleh Ibu kristhina .L. Mano mkasih untuk kepriatinan.

“Anak- anak juga meresponinya dan kami sebagai ketua majelis meresponi itu dan kami akan mendistribusikan itu dengan kebutuhan yang ada ,”ungkap Pendata

Ditambahkannya Tuhan trus memberkati semua pemberian – pemberian ,saluran – salauran kiranya itu menjadi berkat untuk semua baik secara pribadi tapi juga kwarda secara keseluruhan tapi juga per orang maupun semua yang ikut terlibat.

” Kami tidak dapat memberikan yang terbaik,Tuhan yang mempunyai perkerjaan ini akan memberkati kita semua,” ungkap Pendeta.

Selain itu ucapakan terimakaih juga disampaikan Ka’ Kwarda Papua bagi Polisi perairan yang ikut terlibat sehingga proses penyaluran bantuan ini dapat berjalan dengan baik dan juga semua pihak yang terlibat. ( Sonya)