Sekda Yahukimo ,Kadis Kominfo, beserta staf saat foto bersama Kabid Layanan Usaha, Kabid Siaran, Kabid Pemberitaan RRI Jayapura.(Foto : Istimewa)

Jayapura ( KPN) – Sekretaris daerah(Sekda) Kabupaten Yahukimo Tarully Maniagasi
mengatakan dengan di bangunnya Lembaga Penyiaran Publik Lokal ( LPPL) Yahukimo akan membantu Pemerintah terutama dalam mensosialisasikan hal-hal yang positif.

Hal ini disampaikan pada Pembukaan kegiatan Bimtek tata kelola radio LPPL di RRI Jayapura ,Senin ( 17/6/2019). Bertempat di aula RRI Jayapura gedung pemerintahan .

” ĹPPL Yahukimo juga hadir untuk mengedukasikan masyarakat yang ada di wilayah Yahukimo untuk hal-hal yang baik, di berbagai bidang yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat yang di buat oleh pemerintah daerah itu sendiri,” kata Sekda

Berdirinya LPPL di Kabupaten Yahukimo ini bisa juga menjadi sarana atau media yang bisa menghibur masyarakat yang menjangkau kehadiran , atau siaran- siaran dari LPPL. Yahukimo.itu harapan sesungguhnya.

Di Yahukimo sendiri kurang terdapat kurang lebih 12 suku besar yang memiliki karakteristik atau ciri khas sendiri dan heterogenitas penduduk yang hidrogen artinya suku – suku yang ada di kabupaten Yahukimo yang berbeda dengan kabupaten lainya .

Taufan Pamungkas, Kabid Pemberitaan, saat mendampingi Sekda Yahukimo Tarully Maniagasi, dan Kadis Kominfo Yahik Suhuniap,pada pembukaan bimtek tata kelola radio LPPL. ( Foto : Kominfo Yahukimo)

“Kabupaten Yahukimo salah satu Kabupaten yang memiliki luas wilayah yaitu 17.152 Kilo meter persegi , Ini berada salam keadaan yang memang sulit kerena topografinya yang bergunung-gunung kemudian juga jangkauan aksesibilitas yang sangat terbatas ini membuat di ruang publik pemerintah punya keterbatasan untuk Bagaimana menjangkau mereka,”ungkapnya

Dilanjutkanya mengedukasi, mensosialisasikan ataupun memberi informasi – informasi penting yang harusnya setiap hari oleh karena itu kehadiran LPPL diharapkan nantinya bisa membantu memfasilitasi untuk selalu lebih cepat dalam mengakses informasi kepada masyarakat.

Dengan adanya LPPL dapat memudahkan pemerintah untuk memberikan informasi penting bagi masyarakat yang ada di wilayah kabupaten Yahukimo,

Dikatanya kendala yang pemerintah hadapi selama ini yaitu untuk menjangkau satu distrik.ke distrik yang lain dikarenakan terkendala dengan faktor cuaca, sewah pesawat ,sehingga sosialisa,informasi penting yang ingin disampaikan kepada masyarakat tidak dilakukan .

Staf Kaminfo bersama kabid penyiaran ,saat berada di ruang studio RRI Jayapura. ( Foto : Kominfo Yahukimo)

” Contohnya ada informasi yang seharusnya masyarakat ketahui itu , sehari atau bahkan sejam setelah kejadian itu atau momen dimana kita inginkan masyarakat tahu itu di dibatasi oleh adanya kondisi tetapi dengan adanya LPPL tentu akses komunikasi melalui radio yang langsung diterima oleh masyarakat ini akan mempercepat proses,”katanya

Ditambahkanya manfaat dari hadirnya LPPL yaitu mensosialisasikan tentang kebijakan – kebijakan Pemerintah yang akan dilaksanakan, sekaligus juga memberi hiburan kepada masyarakat yang ada di ruang publik, diantanya,anak – anak , para pelajar,orang tua, Gereja dan pengusaha dan lain sebagainya

Sementara itu Yahik Suhuniap kepala dinas komunikasi dan informasi kabupaten Yahukimo ,mengatakan sebanyak depalan orang yang mengkiti bimtek yang dilaksanakan selama empat hari.

Kadis kominfo juga mengucapkan terimakasih kepada bupati dan sekda Yahukimo, dimana pembangunan LPPL ini mendapat respon positif dari pemerintah yaitu pada 2016, Dinas Kominfo telah menyusulkan pendirian lembaga penyiaran ,dan pada 2017 , bupati menyetujuinya .

“Dimana fasilitas yang disiapkan disana studio, dan beberapa peralatan pada tahun 2017 – 2018 , dan tahun ini adalah tahun pertama dilakukannya bimtek dan ada dua tahap lagi untk launcing,” kata kadis

Tahap pertama adanya pendampingan dari RRI Jayapura yang akan ke Dekai untuk melakukan pertemuan terkait dengan RRI play, dan tahap berikutnya melakukab laucing sekitar bulan Agustus .

Yahik menambahkan untuk saat ini dinas kominfo masih menyewa tower atau pemancar milik PT.Palapa ring timur, sehingga dirinya berharap adanya bantuan dari pemerintah sehingga lembaga penyiaran publik lokal ( LPPL) Yahukimo bisa memiliki tower sendiri.( Selfina)