Bupati Yahukimo Abock Busup, MA didampingi Kepala BKD Yahukimo Musa Heselo, S.IP.MH saat meninjau kesiapan test CPNS di SMKN 1 Dekai pekan lalu.( Foto/Humas dan Kominfo Yahukimo)

Dekai ( KPN)- Bupati Yahukimo Abock Busup, mengatakan untuk menerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS) Tahun 2019 di khususkan bagi putra dan putri asli Yahukimo.

Hal ini disampaikan bupati saat mengunjungi, SMKN 1 dan SMK Pertanian Dekai belum lama ini .

“Pemerintah sudah putuskan bahwa penerimaan CPNS khusus kabupaten Yahukimo itu 100 persen untuk orang asli Yahukimo, kecuali formasi jurusan yang tidak ada pada orang asli Yahukimo baru bisa menerima orang lain,” tegas bupati.

Dikatannya tes secara online ini justru kami pemerintah Yahukimo membatasi pencaker dari luar Yahukimo dan memprioritaskan putra -putri asli Yahukimo, ini salah satu keberpihakan pemerintah kepada orang asli Yahukimo.

Bupati berharap agar para pencaker anak asli Yahukimo dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan bisa menguasi materi test CPNS tersebut sehingga bisa lulus.

Lanjut bupati Siapa yang punya nilai terbaik, dia yang akan lolos. Jika tak lolos, akan menyesuaikan pada test berikutnya di bulan Agustus.

Abock menambahkan bila putra- putri asli Yahukimo sudah siap,maka pemerintah prioritaskan orang asli Yahukimo secara 100 persen terlebih dahulu.

Sementara itu kepala Badan Kepegawaian Yahukimo Musa Heselo, mengatakan Proses seleksi cpns ,menurut jadwal secara nasional mulai 19 juni sampai 9 Juli 2019 ,kemudian untuk kabupaten Yahukimo,adapun beberapa taharapan kita sudah lalui, seleksi secara administrasi hasilnya kami sudah umumkan .

“Hasil seleksi administrasi 1887 berhak untuk mengikuti seleksi, sehingga mereka sudah punya persiapannya,”katanya .( Humas dan Kominfo Yahukimo)