Prosesi bakar batu masyarakat di Kampung Obia. ( Vina/kabarportnumbay.net)

Wamena ( KPN) – Kampung Wisata akan menjadi salah satu objek wisata yang siap ditawarkan bagi wisatawan yang akan mengunjungi Jayawijaya saat pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem nanti.

Kampung Wisata merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang nantinya bisa dinikmati wisatawan pada pagelaran festival budaya tahunan yang digelar setiap bulan agustus.

Kampung Wisata Obia di Distrik Kurulu Jayawijaya .( Vina/kabarportnumbay.net)

“Kita punya tiga kampung wisata yaitu kampung wisata Obia, Soroba, dan kampung wisata Yali Mabel,” beber Naftali Rumbiak, SS Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayawijaya, Rabu (03/07/2019).

Menurutnya, di tiga kampung wisata ini nantinya para wisatawan dapat menikmati sensi tiggal di Honai ala Suku Dani, yang mana honai-honai tersebut dikelola langsung oleh masyarakat setempat.

“Jadi ada pondok-pondok tradisional yang mereka (masyarakat) siapkan, jadi kita bisa tinggal di pondok atau mendirikan tenda di pekarangan,” kata Naftali.

Objek pondok wisata ini ditawarkan per paket dengan harga 200 hingga 250 ribu per orang per malam. Dengan harga tersebut pengunjung sudah mendapatkan fasilitas tempat tidur, makanan tradisional dan keamanan. Jadi paket ini sangat cocok bagi mereka yang suka wisata alam.

“Jadi pondoknya honai tapi didalamnya ada kasur dan listrik,” katanya.

Festival Budaya Lembah Baliem merupakan festival tertua di Papua yang digelar pemerintah Jayawijaya setiap tanggal 07 hingga 09 Agustus setiap tahun. (Vin)