Pengukuhan dan Pelantikan Mabican dan Pengurus Pramuka Jayawijaya masa bhakti 2019-2024. ( Foto: Vina)

Wamena ( KPN) – Ketua Kwartir Daerah Papua Kristina R.I.L Mano S.IP, MAP meminta agar satuan-satuan karya yang dibina oleh dinas-dinas agar diaktifkan kembali.

Karena menurutnya, dengan kurikulum K13 saat ini menuntut agar gerakan pramuka harus ada disetiap sekolah-sekolah.

Hal ini disampaikannya pada upacara pengukuhan dan pelantikan Mabicab dan Pengurus Pramuka Jayawijaya, masa bakti 2019-2024, yang berlangsung di Gedung Wio Kantor Bupati Jayawijaya, Senin (29/07/2019).

“Saya sangat berharap di gugus-gugus depan diaktifkan kembali, karena visi saya adalah memperbanyak jumlah pembina dan pelatih,” ungkapnya.

Tambahnya, gerakan pramuka dipercaya pemerintah untuk menjadi tongkat dimana kwarcab dan karakter generasi pemuda ini ditempa di gerakan pramuka.

Oleh sebab itu kakak-kakak pengurus bertanggungjawab untuk membina generasi muda.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE, M.Si yang juga merupakan Ketua Mabicab Pramuka Jayawijaya dalam sambutannya mengatakan momen ini merupakan tonggak sejarah berjalannya pembinaan kepramukaan di kabupaten Jayawijaya, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembinaan karakter generasi muda Indonesia yang tergabung dalam gerakan tunas di kabupaten Jayawijaya.

“Ini merupakan sejarah baru bagi saya sebagai bupati Jayawijaya beserta anggota forkopimda yang secara otomatis ikut terlibat dalam pembinaan kepramukaan walau fungsinya berbeda,” ungkapnya.

Lanjutnya, salah satu tugas gerakan pramuka adalah membentuk setiap anggota pramuka untuk memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan berjiwa patriot.

Dan karena perilaku generasi muda tidak terkecuali di Jayawijaya telah berubah. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan harus dititik beratkan pada pembinaan karakter generasi muda agar nantinya generasi muda siap menjadi agen perubahan.

Selain itu para kepala sekolah atau majelis pembimbing gugus depan di lingkungan sekolah agar terus mengaktifkan pembinaan kepramukaan.

“Saya juga mengajak rekan-rekan forkopimda Jayawijaya berkomitmen dengan semangat kepramukaan membina generasi muda,” ujarnya.

Menurutnya, dengan keterlibatan forkopimda dalam mabicab Jayawijaya dapat memberikan kontribusi positif dan membawa perkembangan dan perubahan gerakan pramuka di Jayawijaya.

Dalam upacara pelantikan tersebut Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo S.Sos, M.Si dilantik sebagai ketua Kwartir Cabang Jawijaya periode 2019-2024. (Vin)

Pengukuhan dan Pelantikan Mabican dan Pengurus Pramuka Jayawijaya masa bhakti 2019-2024. ( Foto: Vina)