Foto peserta MGEI Goes to Campus (Student chapter MGEU USTJ dan MGEI UOGP) dihadiri oleh mahasiswa teknik pertambangan USTJ, Teknik Geologi Universitas Cenderawasih, Teknik Geofisika Universitas Cenderawasih dan SMK Jurusan Geologi Tambang.( Fiana).

Jayapura ( KPN)- Student Chapter Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) Pusat dan MGEI regional Papua, dan Ikatan alumni Geologi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura( USTJ) menggelar acara MGEI Goes To Campus, bertempat di Auditorium USTJ, Sabtu (23/11/2019)

MGEI Goes to Campus ini bertujuan untuk shearing knowledge bagi mahasiwa geologi, pertambangan dan geofisika untuk memahami proses pembentukan endapan mineral yang ekonomis, metode eksplorasi yang digunakan baik green dan brown field penemuan badan bijih yang bisa ditambang secara ekonomis.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah.170 Orang ,perwakilan Teknik Geologi Universitas Ottow dan Geissler, Teknik Geologi USTJ , Teknik Geofisika Universitas Cenderawasih ( UNCEN) ,Teknik Geologi UNCEN Teknik Pertambangan USTJ , dan Siswa/I SMK Negeri Jayapura Jurusan Teknik Geologi Pertambangan.

Hadir sebagai pemateri yaitu Ir. Abdul Bari, ST,IPP (introduction Epithermal Deposit) Manager Regional Exploration PT. Aneka Tambang, Utreck Rumbiak, ST (Introduction Orogenic Gold Deposit), Geologist PT. Freeport Indonesia, Nimbrod Mnsen, ST (Introduction Skarn Deposit), Geologist PT. Freeport Indoensia,Fence G. Aiwoy, ST, MT (Introduction Porphyry Deposit), Geologist PT. Freeport Indonesia.

“Acara ini sekalian juga sebuah tribute untuk Almarhum Hosea D Asmuruf, ST. Sebagai pelopor berdirinya jurusan Geologi di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, juga sebagai exploration geologist yang terkenal di Papua dan Indonesia,” ungkap Utreck Rumbiak, ST, Alumni Geologi USTJ dan juga sebagai satah satu Pemateri Orogenic Gold Deposit,PT Freeport Indonesia.

Kegiatan ini merupakan program tahunan dari para alumni geologi Tambang,dimana setiap Tahun masing -masing Student chapter geologi Universities Ottow dan Geissler dan Student chapter geologi Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, akan melaksanakan seminar/ workshop dengan tema yang berbeda terkait kegiatan exploration-discovery dari Emas, perak, tembaga, nickel dan mineral ekonomis lainnya.

Pemateri Orogenic Gold Deposit (Utreck Rumbiak, ST) beridiskusi dengan peserta seminar.( Fiana)

” Ini merupakan program kerja tahunan seluruh student chapter mahasiswa ekonomi geologi yang bernaung dibawah asosiasi masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) dan MGEI regional Papua,” katanya

Peserta yang hadir sangat antusias karena mereka bisa belajar langsung dari para geologist’s yang sudah memiliki pengalaman pada dunia eksplorasi emas, tembaga dan perak dengan variasi tipe deposit yang ada di dunia.

Lanjut Ultreck acara tribute Almarhum dihadiri oleh Istri dan kedua anak almarhum ditandai dengan pemutaran video tentang rekam jejak almarhum semasa hidup dan berkarir sebagai exploration geologist, serta pemberian sumbangan kasih bagi keluarga dari para alumni geologi USTJ.

Pemateri Skarn deposit (Nimbrod Mnsen, ST)

Dalam kesempatan tersebut Istri dari almarhum Bapak Hosea .Asmuruf , dalam sambutannya mengatakan Bapak Hosea mempunyai satu mimpi besar yaitu anak- anak asli Papua harus menjadi tuan di Ngerinya sendiri, dan Dia juga mau supaya ada pusat pelatihan yang besar,sehingga anak- anak Papua yang ada di USTJ dan di Papua dapat mengembangkan potensi yang dimiliki lewat ilmu Geologi,

“Karena itu tidak kesampaian adik adik atau anak kalian akan melanjutkan mimpi itu,” harap istri almarhum Bapak Hosea Asmuruf .

Pemberian Sumbangan Kasih oleh Alumni (Daniel Sonbait, ST) bagi itri Almarhum, Hosea Asmuruf.( Fiana)

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Student Chapter Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) Pusat di Jakarta, Student Chapter Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia, Universitas Ottow dan Geissler dan Student chapter Universitas Sains dan Teknologi Jayapura dan Sponshor dari PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang (PT. Antam) dan Micromine.

Hasil yang diharapkan Peserta dapat lebih memahami setiap tipe model endapan mineral ekonomis baik epithermal, skarn, porphyry dan orogenic gold deposit.

Dan Harapannya Ketika mahasiswa/I ketika terjun langsung di dunia eksplorasi dan mining, mereka sudah memahami setiap model cebakan mineral yang ekonomis.( Selfiana)