Lanjut ke konten

Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 Polda Papua beri himbauan guna cegah penyebaran virus Covid-19

Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 tengah membagikan brosur kepada warga
(Foto : Dok Humas Polda Papua)

Jayapura (KPN) – Pada hari Senin tanggal 6 April 2020 pukul 16.00 Wit, telah dilaksanakan Giat himbauan Satuan Tugas Ops Aman Nusa Matoa II-2020 yang dilakukan Oleh Dit Binmas Polda Papua dan Dit Samapta Polda Papua.

Sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dahulu, Kombes Pol Sondang Siagian selaku Kasatgasopsda Aman Nusa II Matoa-2020 memberikan arahan anggota untuk tetap melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat secara efisien dan efektif terlebih lagi terkait banyaknya beredar kabar tentang kelangkaan bahan sembako.

Foto : Dok Humas Polda Papua

Selanjutnya Personel yang terdiri dari Subsatgas Dit Binmas Polda Papua sebanyak 9 Personel Subsatgas Binmas, Dit Samapta Polda Papua sebanyak 14 Personel Subsatgas Samapta, Bid Humas Polda Papua, 2 Personel Subsatgas Inafis, 1 Personel Subsatgas Lalu Lintas dan Bid Propam Papua keluar dari Polda Papua untuk memberikan Himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Adapun Rute himbauan yang dilalui oleh Tim Satgas ini yaitu Pasar Hamadi – Entrop- Saga Polimak – Sagu Indah Plasa Kota Jayapura- Pasar mama-mama jln Percetakan- Saga Dok IX.

Foto : Dok Humas Polda Papua

Selanjutnya Anggota Subsatgas Melaksanakan kegiatan himbauan kepada masyarakat tentang penyebaran covid-19 dan pembagian maklumat Kapolri serta call center posko ops aman nusa matoa II-2020.

Kompol Dortheus Komboy, SE pada kesempatannya menyampaikan bahwa sehubungan dengan maraknya penyebaran virus corona di tanah Papua, kami dari Polda Papua menghimbau dan dan mengajak untuk tidak panik dalam menghadapi berita-berita dan isu yang berkembang terkait virus corona (covid-19) tetapi tetap waspada.

“Kami menghimbau kepada saudara-saudara sekalian untuk tidak melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan,  tetap tenang dan tidak panik. Jika tidak sangat mendesak agar tetap di rumah, jaga jarak berkomunikasi, hindari berjabat tangan, tidak melakukan pembelian dan atau menimbun kebutuhan barang pokok dan tidak menyebarkan berita bohong,” kata Kompol Dortheus Komboy.

Foto : Dok Humas Polda Papua

Dalam kegiatan himbaun para petugas menyampaikan kepada masyarakat untuk bersaama-sama mencegah/memutus rantai penyebaran virus corona dengan selalu memperhatikan kebersihan diri, yaitu dengan cara selalu mencuci tangan, membersihkan badan, tempat tinggal, lingkungan sekitar dan senantiasa berolahraga guna menjaga kebugaran tubuh.

Bagi pemilik tempat usaha juga dihimbau agar mematuhi kebijakan tentang batas buka tempat usaha sesuai maklumat Gubernur Provinsi Papua.

Tim juga melaksanakan sosialisasi Maklumat Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Papua tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (Covid – 19).

Foto : Dok Humas Polda Papua

Pembagian stiker dan Brosur juga dilakukan dengan masksud agar masyarakat dapat memahami  tentang Sosial Distancing dan turut serta mencegah penyebaran Virus Corona (Covid 19) dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Brigpol Rio yang juga bergabung dalam Tim memberikan keterangan kepada masyarakat terkait informasi yang beredar dimasyarakat melalui media social bahwa tanggal 7 april kota jayapura akan dinaikkan statusnya menjadi tanggap darurat dan mengalami kelangkaan bahan sembako.

Foto : Dok Humas Polda Papua

“Semua itu adalah berita tidak benar atau HOAX, ada oknum tertentu yang ingin memanfaatkan situasi ini sehingga menimbulkan kepanikan dimasyarakat, perlu diketahui di kota Jayapura sendiri selama 5 bulan kedepan untuk sembako masih bisa untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Jayapura, diharapkan masyarakat tidak berbelanja berlebihan dan sewajarnya saja,” pungkasnya. (Release Humas Polda Papua)

%d blogger menyukai ini: