Lanjut ke konten

Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cenderawasih bentuk Tim Gabungan untuk Lidik Kesalahpahaman Aparat TNI Polri di Kasonaweja

Proses Evakuasi
Foto : Dok Pendam XVII Cenderawasih

Kasonaweja (KPN) –  Pada hari Minggu tanggal 12 April 2020 pukul 07.40 Wit, akibat kesalahpahaman antara oknum anggota TNI dan anggota Polres Mamberamo Raya, 3 orang anggota polri meninggal dunia dan 2 orang mengalami luka tembak.

Kronologis kejadian:

Pada hari dan tanggal tersebut di atas bertempat di pertigaan Jl. Pemda I Kampung Kasonaweja Distrik Mamberamo Tengah Kabupaten Mamberamo Raya telah terjadi kesalahpahaman antara oknum anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3-Kostrad dengan anggota Polres Mamberamo Raya. Akibat kesalahpahaman tersebut 3 orang anggota Polri meninggal dunia an. Briptu Marcelino Rumaikewi, Briptu Alexander Ndun dan Bripda Yosias mengalami luka tembak di leher dan dada sebelah kiri dan Paha bagian kiri.

Atas kejadian tersebut 5 anggota Polri saat ini telah berada di RS Kawera Kasonaweja untuk mendapatkan perawatan medis secara intensif.

Sampai dengan saat ini pihak Pimpinan baik Pangdam XVII/Cenderawasih maupun Kapolda Papua sedang menurunkan Tim Gabungan untuk melakukan penyelidikan di TKP dalam rangka mendapatkan keterangan, fakta-fakta kronologis yang sebenarnya.

Identitas Korban:

1. Briptu Marcelino Rumaikewi NRP 94030885 anggota Sat Reskrim Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada leher bagian kanan sebanyak 1 kali (Meninggal Dunia)

2. Bripda Yosias Dibangga NRP 99040613 anggota Sat Sabhara Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada bagian leher kiri 1 kali (Meningga Dunia).

3. Bripka Alva Titaley anggota Reskrim Polsek Mamteng, mengalami luka tembak pada paha kiri sebanyak 1 kali.

4. Brigpol Robert Marien anggota SPKT mengalami luka tembak pada punggung belakang sebanyak 3 kali.

5. Briptu Alexander Ndun anggota Reskrim Polres Mamberamo Raya, mengalami luka tembak pada paha kiri (meninggal dunia).

Identitas pelaku:

  • Oknum anggota TNI Satgas Yonif/755.

Tindakan kepolisian: menerima laporan, mengevakuasi Korban Ke RSUD Kawera Mamberamo Raya, membentuk tim gabungan guna melakukan penyelidikan.

Atas kejadian tersebut mengakibatkan tiga Anggota Polres Mamberamo Raya meninggal dunia. Dan situasi pasca kejadian tersebut saat ini sudah kondusif. Saat ini jenazah akan diterbangkan ke Jayapura untuk dilakukan visum di RS Bhayangkara Jayapura. (Release Humas Polda Papua)

%d blogger menyukai ini: