Lanjut ke konten

Pembukaan Pertandingan Cabang Olahraga Softball Baseball PON XX Papua 2021



Jayapura,Papua (KPN)-Cabang olahraga Softball-Baseball merupakan cabang olahraga pertama yang akan dipertandingkan pada PON XX 2021 Papua. Pertadingan pembuka ini akan dilaksanakan di Lapangan Softball Universitas Cendrawasih, dan akan dibuka secara seremonial oleh bapak Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM, diikuti dengan pelemparan bola pertama oleh bapak Walikota DR. Benhur Tomi Mano, MM , dan pemukulan bola pertama oleh bapak ketua KONI pusat Letjen. TNI (Purn.) Marciano Norman. Setelah acara pembuka,  Pertandingan pertama cabang olahraga softball putra dilaksanakan dengan mempertandingkan antara tim softball Lampung dengan tim softball Sulawesi Tenggara. Pembukaan pertadingan ini juga akan dihadiri oleh Ketua Panwasrah Mayjen. (purn.) Suwarno, Ketua harian PB PON XX Papua Dr. Yunus Wonda , Rektor Uncen DR. Ir. Apolo Safanpo, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisay Rollo , dan Ketua Pengprov Perbasasi Papua Jan Ormuseray.

Cabang olahraga ini akan memperebutkan 3 medali emas , 3 medali perak, dan 3 medali perunggu untuk masing-masing  Baseball , Softball Putra dan Softball Putri. Pelaksanaan pertandingan Baseball dilaksanakan pada Tanggal 23 Sept – 3 Okt 2021 di Lap. Baseball Uncen Kota Jayapura dan Lap. Auri Kab. Jayapura, cabang olahraga Softball Putra dilaksanakan pada Tanggal 22 Sept – 3 okt 2021 di Lap. Softball Uncen (Penyisihan) dan di Lap. Softball Auri untuk Page System dan Final , sedangkan Softball Putri akan dilaksanakan pada Tanggal 4 – 11 Okt 2021 di Lap. Auri Kab. Jayapura

Peserta untuk baseball diikuti oleh 7 Provinsi yaitu Papua ,DKI Jakarta , Lampung , Banten , Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.  Untuk Softball Putra, diikuti oleh 7 peserta yaitu Papua , Papua Barat , DKI Jakarta , Banten , Sulawesi Tenggara , Lampung dan Kalimantan Timur (Kalimantan Timur mengundurkan diri). Sedangkan Softball Putri diikuti 7 peserta diantaranya Papua , Papua Barat , DKI Jakarta , Jawa barat , Jawa Tengah , Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Adapun sistem pertandingan yang akan di laksanakan yaitu: untuk cabang olahraga baseball, babak pendahuluan menggunakan system setengah Kompetisi (single round robbin), dilanjutkan dengan babak 4 Besar (Super Round) dan Grand Final. Sedangkan untuk  cabang oahraga Softball, babak pendahuluan menggunakan system setengah kompetisi (Single Round Robbin), dilanjutkan dengan Babak 4 Besar (Page System) dann Grand final.(Humas PON XX)

 

 

%d blogger menyukai ini: