Lanjut ke konten

Tomi Sibi Raih Suara Terbanyak Pimpin Kampung Kayu Pulau 5 Tahun Kedepan

Foto : Dok. KPN

(Kabarprtnumbay.net), Jayapura-Pemilihan kepala desa(kampung) dilaksanakan serentak di seluruh Provinsi Papua, pada awal bulan April 2022. Untuk kota Jayapura khusus Kampung Tahima Soroma Kayu Pulau dilaksanakan pada, Jumat (1/4/2022), di Kampung Kayu Pulau kota Jayapura, Provinsi Papua.

Ada 4 kampung yang berada di jantung kota Jayapura yakni, kampung Argapura, Kampung Weref, Kampung Pulau kosong (kampung Buton) dan Kampung Kayu Pulau, diikutsertakan dalam pemilihan Kepala Kampung Kayu Pulau tahun 2022 ini. Tidak terlepas dari itu, sebanyak 483 pemilih dari usia 17 tahun keatas.

Foto : Dok. KPN

Dari 483 surat suara yang diberikan kepada pemilih, hanya 320 orang yang memilih, dibuka dari pukul 09:00-14:00 WIT. Setelah perhitungan suara, Oktovianus Sibi (Tomi Sibi) meraih 240 suara sedangkan lawannya Moses Sibi hanya memperoleh 80 suara. Untuk itu Tomi Sibi berhak memimpin kampung Kayu Pulau selama 5 tahun kedepan.

Foto : Dok. KPN

Ketua panitia pemilihan kepala kampung Tahima Soroma Kayu Pulau, yang saat ini menjabat kepala suku Soro, Hendrik Soro mengatakan:  mengacu dari amanat yang disampaikan oleh Ondoafi terdahulu, Bapak Gasper Sibi (Alm), bahwa ada empat suku asli kampung Kayu Pulau, yakni, suku Sibi, Suku Youwe, suku Hay dan suku Soro, dan ketiga suku yang sudah menjabat sebagai kepala kampung kayu pulau yaitu, suku Sibi, suku Youwe dan suku Hay.

Panitia mengharapkan keputusan adat diambil dengan bijak, sehingga ada demokrasi yang harus ditegakkan sesuai keputusan Walikota, bahwa untuk Ondoafi dan kepala suku harus ikut memilih, Karena Ondoafi punya kampung dan kepala suku punya rakyat. (Cl)

%d blogger menyukai ini: