20170607_115442
Suasana Kegiatan Magang di Dinas Penanaman Modal & PTSP

Jayapura(KPN). Rabu (07/06/2017) Kepala Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jayapura, Yohanis Wemben menerima rombongan Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Supiori yang akan melakukan magang di DPMPTSP Kota Jayapura. Peserta magang ini berjumlah 11 orang dari Pejabat dan Staff DPMPTSP Kabupaten Supiori beserta Kepala Dinas.

Kepala Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Supiori, Ronny S.G. Mamoribo menjelaskan tujuan mereka melakukan magang ke DPMPTSP Kota Jayapura.

“untuk meningkatkan kapasitas dari para pejabat dan staff tapi juga untuk mempelajari sistem pelayanan perijinan yang ada di kota jayapura sebagai rujukan, yang bisa dibilang satu-satunya di Tanah Papua yang sudah mendapat pengakuan, mendapatkan predikat yang baik dari Lembaga Ombudsman, bahkan saya dengar juga dari KPK sudah mendapatkan pengakuan tersebut. Jadi tujuannya itu, untuk mendapatkan tambahan pengalaman dan pengetahuan juga mempelajari sistem.”

Ronny Mamoribo juga menerangkan bahwa Dinas Penaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Supiori baru dibentuk dengan Perda pada Tahun 2016 dan kemudian dilantik pada tanggal 3 Mei 2017 lalu. Sebelum Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Supiori dibentuk, urusan perijinan sudah dilakukan di masing-masing SKPD yang ada.

“Secara umum, kami hanya mengurus pajak dan retribusi daerah, karena belum diatur dalam Peraturan Daerah secara keseluruhan,” terang Ronny Mamoribo.

Lebih lanjut Ronny menjelaskan rencana untuk menginventarisir ulang jenis layanan mereka di Kabupaten Supiori, seperti SITU, SIUP, TDP dan perijinan lainnya. Untuk itu, DPMPTSP Kabupaten Supiori akan mempelajari kerangka kebijakan sebagai dasar hukum dalam melakukan semua aktifitas layanan perijinan. Rencana tersebut akan dilaksanakan setelah kegiatan magang di DPMPTSP Kota Jayapura selesai.

Menanggapi kedatangan rombongan dari DPMPTSPP Kabupaten Supiori, Yohanes Wemben selaku Kepala Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Jayapura menyampaikan : “Kita di Kota Jayapura DPMPTSP Kota Jayapura memang sudah menjadi rujukan untuk kabupaten lain baik di Papua maupun Papua Barat.”

Lebih lanjut Yohanes Wemben menjelaskan bahwa kedatangan rombongan magang DPMPTSP Kabupaten Supiori untuk melakukan ATM berkaitan dengan layanan DPMPTSP. Yang dimaksud dengan ATM adalah Amati, Tiru dan Modifikasi seperti halnya yang disampaikan kepada peserta magang dari daerah lain. Yonahes Wemben menegaskan : “Kita siap untuk membantu demi kemajuan penanaman modal dan perijinan terpadu di kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat.” (SO)