Source: googleJayapura(KPN). Kepala Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Supiori, Ronny S.G. Mamoribo saat diwawancarai usai pertemuan dengan Dinas Penanaman Modal & Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Jayapura, menjelaskan tentang sejumlah potensi yang dimiliki Kabupaten Supiori.
“Sektor unggulan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah sebagai ciri khas kabupaten Supiori adalah sektor perikanan dan kelautan serta pariwisata, itu menjadi sektor unggulan yang potensial dan terus kami dorong dengan instansi terkait untuk terus dikembangkan. Dalam rencana tata ruang wilayah, sudah ditetapkan kawasan mana saja yang akan dikembangkan untuk potensi ini,” ungkap Ronny Mamoribo.
Lebih lanjut Ronny mengungkapkan bahwa terdapat sektor lain yang juga potensial, yaitu sektor energi, karena Kabupaten Supiori memiliki satu air terjun yang potensial sebagai sumber tenaga listrik energi terbarukan.
“Sesuai dengan peraturan Menteri ESDM bahwa dalam satu kawasan apabila terdapat sumber energi terbarukan, maka itu dimanfaatkan untuk menggantikan energi tidak terbarukan di kabupaten tetangga maupun di kabupaten induk. Itu yang berusaha untuk kami gali dan kembangkan,” jelas Ronny.
Lebih lanjut Ronny menjelaskan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang sudah mereka rencanakan, kini telah melewati tahap AMDAL, kemudian rencananya akan dibentuk Perusahaan Daerah, sehingga Pemda Kabupaten Supiori berharap akan dapat menggandeng investor dalam pengembangannya.
Keluaran dari PLTMH tersebut tidak hanya berupa energi listrik, tetapi juga dalam bentuk wisata, karena lokasi air terjun tersebut telah dialih fungsikan dari cagar alam menjadi taman wisata alam. Di taman wisata alam tersebut terdapat spesies burung mambruk dan anggrek yang endemik, sehingga sangat potensial untuk pengembangan wisata. Disamping itu, keluaran lain yang juga telah direncanakan oleh Pemda Kabupaten Supiori adalah Pengolahan Air Baku untuk suplai air bersih kota, bagi Perkapalan dan Pengalengan Ikan di Kabupaten Supiori. (SO)