Lanjut ke konten

Upaya Peningkatan Kemampuan Pengawasan dan Penegakan Perda

DSC_6408
Pembacaan Sambutan Walikota Jayapura oleh Asisten I Setda Kota Jayapura, Henock Wambukomo.

Jayapura (KPN). Pemerintah Kota Jayapura melalui Satuan Polisi Pamong Praja menggelar bimbingan teknis bersama Satpol PP, Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan Instansi terkait. Bimtek ini diadakan dalam rangka upaya peningkatan kemampuan pengawasan dan penegakkan Peraturan Daerah (Perda), yang dilaksanakan melalui operasi yustisi dan non-yustisi.
Bimtek dibuka secara resmi dengan penabuhan tifa secara bersama oleh Asisten I Setda Kota Jayapura, Kasat Pol PP Kota Jayapura dan Perwakilan Kejaksaan Negeri Jayapura.
Bimtek digelar 23-24 agustus 2017, diikuti 78 peserta dan menghadirkan pemateri dari Satpol PP Kota Jayapura, Kepolisian Resort Jayapura Kota, Kejaksaan Negeri Jayapura, serta Pengadilan Negeri Jayapura.

DSC_6425
Penabuhan Tifa menandai dimulainya Bimtek

Walikota Jayapura dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I bagian Pemeritahan Setda Kota Jayapura, Drs. Hanock Wambukomo, MM mengatakan, pelaksanaan Bimtek tersebut diharapkan akan memotivasi Satpol PP, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Instanti Teknis dalam penegakkan Peraturan Daerah di lingkungan Kota Jayapura melalui operasi yustisi dan non-yustisi.
“Diharapkan dapat termotivasi untuk melakukan penegakan perda baik melalui operasi yustisi maupun non yustisi bersama Satpol PP, PPNS, dan isntansi teknis,” ucap Asisten I Setda Kota jayapura, saat membacakan sambuatn walikota jayapura, di hotel Grand talent, Rabu 23 Agustus 2017.

DSC_6410
Suasana Pembukaan Bimtek

Disampaikan juga bahwa proses penegakkan Perda tidak dapat berhasil baik, tanpa adanya perencanaan yang matang.
“Sebab itu, dimulai sejak informasi awal tentang pelanggaran perda, dilakukan pengawasan, pengamatan, dan penelitian, kemudian dilakukan penyelidikan secra komprehensif, namun tidak terlepas dilakukannya kordinasi dengan Korwas, PPNS dan seluruh instansi terkait dalam pengupulan barang bukti atau sampai dengan selesainya pemberkasan dan berakhirnya dipersidangan,” tambahnya.

DSC_6436
Pemasangan tanda peserta bimtek secara simbolis.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara, Nursiah R. SE, M.Si, mengatakan tujuan bimtek ini memberikan bekal pada anggota Satpol PP, PPNS maupun instansi teknis terkait untuk memahami, proses dan mekanisme penegakan perda dan perkada mulai dari tahapan pola operasional persuasif edukatif, represif, non yustisial dan represif yustisial serta sampai pada persidangan pelanggaran perda.
Selain itu, untuk membentuk pribadi Satpol PP dan PPNS sebagaimana diamanatkan perundang-undangan yang berlaku. Terutama keputusan terhadap kode etik PPNS dan prosedur tetap Satpol PP.

DSC_6416
Peserta Bimtek dari Satuan Polisi Pamong Praja

Panitia pelaksana mengharapkan bimtek ini bisa meningkatkan profesionalisme dan kapaistas SDM dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari optimalisasi kinerja Satpol PP dan PPNS maupun OPD teknis serta meningkatkan stabilitas kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Kota Jayapura.(SO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: