Jayapura (KPN)- Sempat mengalami paceklik karena cuaca buruk, para nelayan di Jayapura bisa tersenyum saat ini. Sebab hasil tangkapannya melimpah. Hal tersebut dikatakan seorang Pedagang Daus, Selasa (31/7/2018) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Hamadi.

Tangkapan ikan yang sebelumnya setiap perahu hanya sedikit dalam sekali melaut, saat ini bisa cukup banyak. Tingginya hasil tangkapan ikan tersebut membuat harganya menurun.

Seperti ikan ekor kuning ukuran besar sebelumnya di jual dengan harga Rp300 ribu per ekor kini menjadi Rp150 ribu per ekor, ikan ekor kuning ukuran sedang sebelumnya di jual dengan harga Rp130-150 ribu per ekor kini dijual dengan harga Rp65 ribu per ekor. Dan ikan ekor kuning ukuran ukuran sebelumnya di jual dengan harga Rp50 ribu per ekor kini dijual dengan harga Rp45 ribu.

“Harga ikan rata-rata turun,” kata pedagang lainnya di TPI Hamadi.

Daus mengungkapkan, ikan tangkapan nelayan di perairan Hamadi melimpah akhir-akhir ini, jumlah tengkulak tetap. Sesuai hukum ekonomi, penawaran naik, tapi permintaan tetap, sehingga membuat harga menjadi turun.

“Turunnya harga ikan kurang lebih satu minggu ini. Kami mengalami kerugian karena model yang di keluarkan untuk membeli ikan dari pemasok atau nelayan perekornya Rp90 ribu untuk ukuran besar dan hanya mengambil keuntungan Rp10 ribu bahwakan Rp35 ribu saja,” kata Mustakin.

Kata Daus masyarakat juga sudah jarang membeli ikan di pasar ikan. Hal ini disebabkan karena sudah banyak penjual ikan keliling yang menjual ikan dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan di pasar ikan.

“Tapi jika dihitung masih sebanding dengan omzet yang didapatkan,” ujarnya. (SO)