Peter Tukan perwakilan PT.Freeport Indonesia saat memberikan sambutan (ft/Sonya)

Jayapura (KPN) – PT. Freeport Indonesia menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap peningkatan Kapasitas Wartawan dengan menjadi sponsor dalam berbagai kegiatan Jurnalis Papua.

Hal tersebut diterangkan oleh Peter F. Tukan mewakili PT. Freeport Indonesia dalam Pembukaan Workshop dan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi di Jayapura, Jumat (24/08/2018).

“PTFI memberikan perhatian, dukungan kepada para wartawan, karena PT Freeport Indonesia mempunyai kepedulian tinggi kepada peningkatan kapasitas wartawan. Jadi Freeport Indonesia membantu para wartawan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini,” terang Peter Tukan.

Dengan meningkatkan kapasitas wartawan, maka para wartawan diharapkan bisa menjadi pewarta yang professional, memberikan pendidikan politik, pendidikan tingkah laku dan sebagainya melalui tulisan dan siaran yang mereka lakukan. Melalui dukungan yang mereka berikan, PTFI tidak berharap semua pemberitaan tentang PTFI akan selalu ditonjolkan sisi baiknya saja, tetapi harus berimbang.

“PT. Freeport Indonesia tentu tidak berharap bahwa dengan bantuan ini lalu kamu tulis atau siarkan Freeport Indonesia yang baik-baik saja, tidak begitu. Asalkan ditulis secara berimbang, kalau si A sudah memberikan statement, tanya juga si B yang adalah orang Freeport, jangan satu pihak saja,” jelas Peter Tukan.

Ditambahkan Peter Tukan bahwa hal tersebut merupakan etika dari seorang jurnalis dan itu yang diharapkan oleh PT. Freeport Indonesia.

“Freeport Indonesia sudah 50 tahun hidup di Tanah Papua dan berkarya untuk masyarakat Papua dan Indonesia, jadi kalau memang dia berbuat salah harus disampaikan. Supaya ada koreksi konstruktif untuk Freeport kedepannya. Asal koreksi yang disampaikan itu dilaksanakan secara etis dan santun,” pungkas Peter Tukan. (Sonya)