Suasana Workshop dan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi Oleh IJTI Papua (ft/ istimewa)

Jayapura (KPN)- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia di Provinsi Papua, mengadakan Workshop dan Uji Kompetensi Jurnalis khusus kepada awak Televisi. Workshop berlangsung tanggal 24 – 25 Agustus 2018, bertempat di Hotel Grand Abe Jayapura.

Wakil Walikota, Ir. H. Rustan Saru dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan Workshop dan Uji Kompentensi menyampaikan bahwa dukungan Pemerintah Kota Jayapura dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar semakin professional, berenergi dan berintegritas dalam tindakan.

Rustan Saru juga menerangkan bahwa, Pemerintah Kota Jayapura khawatir ada wartawan yang tidak bertanggung jawab dalam bertugas : “Arah pemerintah kalo semua wartawan sudah bersertifikat, semua media bersertifikat, maka kemana pun dia, aman. Pemerintah khawatir kalau sampai nanti ada wartawan yang tidak bertanggung jawab, tidak punya identitas, maka walikota tertib, semoga yang masuk di kota itu bersertifikat.”

Wakil Walikota juga menyampaikan selamat mengikuti workshop, semoga dapat berjalan dengan baik dan semua bisa lolos dan mendapatkan predikat yang baik.

Ketua Panitia Workshop dan Uji Kompetensi, Andre Kirwel dalam laporannya menyampaikan bahwa Uji Kompetensi bagi Jurnalis ibaratnya Ujian untuk mendapatkan SIM bagi seorang pengemudi. Meskipun seseorang memiliki kemampuan yang baik, namun ia tetap membutuhkan Surat Ijin sebagai legalitas.

Andre Kirwel juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura dan PT. Freeport Indonesia yang telah mendukung kegiatan Workshop dan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi. (Sonya)