Para pencaker sedang antri mengurus kartu kuning. (ft/istimewa)

Wamena ( KPN)- Kepala Dinas Tenaga Kerja , Perindustrian Kabupaten Jayawijaya ,Samuel Munua,mengatakanan untuk pencari kerja asli Papua , yang tercatat dalam tiga bulan terakhir terhitung 2.000 pencari kerja asli Papua yang mengurus kartu kuning.kartu kuning yang diurus akan digunakan untuk tes calon aparatur sipil negara (CASN).Hal tersebut di sampaikan Kepada Wartawan di ruang kerjanya, Rabu,17/10/2018.

“Sampai sekarang sudah dua ribuan orang yang datang urus ke dinas. Secara garis besar masyarakat yang datang mengurus kartu pencari kerja merupakan orang asli Papua,” katanya.

Samuel menambahkan tidak ada kendala yang dihadapi oleh staf dalam melayani masyarakat, sebab mereka sudah mengantisipasi munculnya lonjakan pembuatan kartu pencari kerja.

“Sebelumnya staf sudah cetak kartunya, tinggal tulis nama saja jadi tidak terlalu menghambat,” katanya.

Bagi pencari kerja yang hendak mengurus kartu kuning, diharuskan membawa salinan kartu tanda penduduk,ijazah dan pas foto terbaru.

“Kalau pencari kerja dari kabupaten lain yang mendaftar (membuat kartu kuning di Jayawijaya), saya belum tahu persis, tetapi sementara ini hanya pencaker dari Jayawijaya,” katanya.(Edgar)