Bupati Yahukimo Abock Busup.MA, saat diwawancarai oleh wartawan beberapa waktu lalu.( ft/ Kominfo kab.Yahukimo)

Jayapura ( KPN) – Bupati Yahukimo Abock Busup.MA, mengatakan bahwa untuk membuka keterisolasian wilayah di Yahukimo, APBD tahun 2019 difokuskan pada pembangunan infrastruktur diantaranya, Pelabuhan, Jembatan, Jalan dan Bandara. Hal tersebut di sampaikan bupati Yahukimo beberapa waktu lalu di kota jayapura.

“2019 APBD kita fokus pada infrastruktur dan jalan, yang telah di tetapkan oleh DPRD. Pelabuhan Pepera juga menjadi program prioritas, karena wilayah Yahukimo juga menggunakan transportasi sungai,” jelas Abock Busup.

Ditambahkan juga oleh Bupati Yahukimo bahwa dengan memprioritaskan pembangunan infrastruktur, diharapkan akan berdampak pada penurunan harga kebutuhan pokok di Yahukimo.

Untuk membangunan jalan Dekai – Pepera, telah dikerjakan sepanjang 23 Kilometer pada Tahun 2018 dari total panjang 60 Kilometer. Dipastikan akhir tahun 2019 pengerjaan jalan tersebut akan mencapai distrik pepera kabupaten Asmat.

Tim Kabupaten Yahukimo dan Asmat sudah bekerja sama untuk pembangunan pelabuhan Pepera sambil menunggu infrastruktur jalan pelabuhan pepera dibangun.

Anggaran untuk pembangunan Pelabuhan Pepera bersumber dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Sungai, sehingga dalam waktu dekat, Kepala Balai Sungai di Sorong akan berkunjung ke Pepera.

“Pemerintah Kabupaten Yahukimo juga membuka infrastruktur Jalan suru-suru, Jhomate-Anggruk, Herawe-Sobaham. Tahun 2019 ini APBD sudah disiapkan untuk pembangunan jalan sebesar 20 milyar. Kita harus begitu karena infrastruktur ini satu-satunya cara membuka isolasi untuk Yahukimo yang lebih baik, maka infrastruktur diprioritaskan,” tegas bupati.

Selain infrastruktur kesehatan dan pendidikan juga menjadi perhatian pemerintah kabupaten Yahukimo dimana tahun 2018, pemerintah telah membangun 8 puskesmas dengan fasilitas lengkap dan tahun 2019 akan di bangun 3 puskesmas lagi.

Lebih lanjut Abock Busup menjelaskan bahwa, APBD yang sedang dibahas akan mempertimbangkan asas kebersamaan, asas keadilan, asas keberpihakan kepada masyarakat, sehingga rencana yang disusun lebih baik dan terarah pada kepentingan masyarakat bukan kepentingan kepala OPD. (Kominfo Yahukimo)