Foto bersama peserta Ngopi Jahe: Ngobrol Pemilu untuk Kota Jayapura Hebat bersama Ketua Banwaslu Kota Jayapura ( Foto: Sonya )

Jayapura ( KPN)- Bawaslu Kota Jayapura berharap keterlibatan pemilih perempuan dalam pemilu 2019, mendapatkan porsi yang sama dengan laki-laki.

Data dari Bawaslu setempat menyebutkan jumlah perempuan dalam pemilu 2019 mencapai 215 calon legislatif , jumlah ini adalah terbanyak di Provinsi Papua.

Ketua Banwaslu Kota Jayapura, Frans Rumsarwir berharap peran aktif pemilih perempuan dalam pemilu yang diselenggarakan pada April 2019.

“Kami juga berharap ada pengawasan dari perempuan dalam pelaksaan pemilu ini,” jelasnya usai diskusi Ngobrol Pemilu untuk Kota Jayapura Hebat, pada Sabtu (23/2/2019), bertempat di Pusat Pembinaan dan Pengembangan Wanita Padang bulan kelurahan Hedam Distrik Heram .

Kepala bidang keadilan perdamaian keutuhan ciptaan Sinode GKI di Tanah Papua Pendeta Dora Balubun, S.Th, mengatakan Perempuan walaupun memiliki suara terbanyak untuk memilih tetapi tidak bisa banyak menentukan berbagai hal.

Oleh karena itu masih ada kesempatan satu bulan untuk melakukan kampanye baik lewat media elekteonik, cetak , online dan media sosial lainya.

” Bagaimana mendorong perempuan itu dia bisa melihat dan mengetahui haknya Tetapi dia juga bisa memberikan pendapat dan menentukan dengan cerdas siapa dan kepentingan perempuan itu bisa dilihat untuk apakah calon calon caleg ini ataupun juga dua calon presiden dan wakil presiden itu memberi perhatian atau dengan cerdas mengenai persoalan-persoalan perempuan dan hak-hak mereka yang harus diperjuangkan,” katanya

Ngobrol Pemilu untuk Kota Jayapura Hebat. Ibersama Koalisi kampus dengan melibatkan peserta dari berbagai organisasi diantaranyaTokoh agama,Tokoh adat dan paguyuban, Badan Eksekutif Mahasiwa dan organisasi kepemudaan. Komunitas pegiat media sosial dan media alternatif di kota Jayapura. Aktivis LSM dan jurnalis. Kelompok perempuan. (Sonya)