Suasana peserta lagi mengikuti rapat kerja penyusunan laporan keuangan bagi panitia pengawasan pemilu tingkat distrik se- Kota Jayapura ( Foto . Dok Bawaslu )

Jayapura ( KPN)- Dukungan kesekretariatan dan perbendaharaan adalah salah satu yang paling krusial dalam pelaksanaan pengawasan Pemilihan Umum 2019. Keberhasilan pengawasan Pemilu 2019 yang menjadi tugas utama Bawaslu Kota Jayapura bersama jajarannya hingga pada tingkat kelurahan/kampung di seluruh kota Jayapura salah satunya ditentukan oleh kemampuan staf sekretariat dan keuangan.

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka Bawaslu Kota Jayapura melaksanakan Rapat Kerja Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Distrik se Kota Jayapura. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Talent, Kotaraja pada Senin, 25 Februari 2019.

Rapat Kerja ini dihadiri oleh Kepala Sekretariat, PUMK dan staf keuangan pada setiap distrik di kota Jayapura. Selain itu, rapat kerja ini juga dihadiri oleh tiga komisioner Bawaslu Kota Jayapura, masing-masing Frans JZ. Rumsarwir, Rinto Pakpahan dan Hardin Halidin.

Koordinator Sekertariat Bawaslu Kota Jayapura, Arif, sebagai penanggungjawab kegiatan mengungkapkan bahwa, tujuan kegiatan bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada petugas bagian sekertariat pengawas Pemilu tingkat distrik mengenai mekanisme dan tata cara dalam penyusunan laporan keuangan yang baik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tugas-tugas sekretariat pengawas Pemilu tingkat distrik, terutama dalam hal penyusunan laporan keuangan akan berjalan dengan baik dan lancar serta menunjukkan kinerja yang semakin baik. Arif juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan agar Bawaslu Kota Jayapura sukses dalam pengelolaan keuangan.

Ketua Bawaslu Kota Jayapura, Frans JZ. Rumsarwir dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar peserta serius dalam mengikuti kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar pengelolaan keuangan dan laporan pertanggungjawabannya dapat diselesaikan tepat waktu sesuai yang diharapkan.

Selain itu, Ketua Bawaslu Kota Jayapura juga menyampaikan bahwa performa Bawaslu Kota Jayapura tidak hanya ditentukan oleh kinerja komisionernya dalam mengawal proses Pemilu, melainkan juga oleh kinerja administrasi dan keuangan di sekretariat, mulai dari perencanaan penganggaran, pelaksanaan sampai pada pelaporan pertanggngjawabannya.

Karena itu Bawaslu Kota Jayapura telah berkomitmen untuk sukses dalam kedua hal tersebut, yakni sukses pengawasan Pemilu, dan sukses dalam pengelolaan keuangan. Jika kedua hal ini dapat dilaksanakan dengan baik, maka kepercayaan publik terhadap kinerja Bawaslu Kota Jayapura akan menjadi baik.( sumber Banwaslu)