Kapala Distrik Abepura memberikan sambutan pada kegiatan musrembang tingkat distrik. ( Foto : Sonya )

Jayapura (KPN)-Dilaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Distrik Abepura untuk mensinkronisasi dan integrasi usulan program dan kegiatan prioritas untuk disandingkan dengan hasil Musrembang tingkat RT/RW dan kelurahan sebagai kegiatan prioritas rencana kerja pembangunan (RKP) kampung/Kelurahan Tahun 2020,

Musrembang tingkat Distrik Abepura tahun 2019 , resmi dibuka Oleh Kepala Distrik Dionisius Deda , Selasa (26/2), berlangsung di aula distrik.

Asistensi Bappeda kota jayapura Berto Suebu, mewakili Kepala Bappeda dalam arahannya mengatakan usulan dari kelurahan dapat diakomodir dan tepat sasaran, dibagi sesuai dengan bidangnya dan delegasi dari kelurahan RT/RW masing -masing harus skala prioritas.

Sementara itu Kepala Distrik Abepura Dionisius Deda, mengatakan pembidanan yang kita masukan dalam perencanaan ini agar semua perwakilan bisa melihat secara jernih kebutuhan kebutuhan skala prioritas yang diusulkan itu, mereka bisa pilah antara mana yang memang menjadi kebutuhan dan menjadi keinginan dari masyarakat.

Dikatanya meskipun warga ingin memasukan program tertentu namun dampaknya tidak begitu besar manfaat bagi masyarakat banyak , program tersebut akan dipending sementara dan mendahulukan program – program yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat, maka itu yang akan kita prioritaskan.

Program prioritas dari delapan kelurahan yang ada diwilayah Abepura, setiap kelurahanya hanya di berikan porsi yaitu menyusulkan lima program prioritas yang benar- benar diangkap menjadi kebutuhan masyarakat banyak , lima minimal untuk satu bidang, seperti bidang infrastruktur sarana prasarana, kemudian ekonomi produktif dan pemberdayaan

“Kita batasi lima program prioritas agar kita lihat dari lima itu mana yang bisa dikerjakan di tingkat kelurahan, tingkat distrik , mana yang kita dorong ke SKPD terkait dan juga mana yang kita dorong ke tingkat provinsi melalui musrembang tingkat kota nanti,” ungkap Dion.

Peserta saat mengikuti musrembang tingkat distrik .( Foto: Sonya)

Program kegiatan yang diusulkan akan dibahas serta disusun menjadi prioritas. Inilah yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah kota untuk dilaksanakan pada tahun 2020 sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah,” terangnya.

Ditempat yang sama Maria Pampang anggota DPRD Kota Jayapura Komisi D , mengatakan hasil Musrembang tingkat distrik harus pro memprioritaskan program pembangunan yang sangat dampaknya luas bagi masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan,maka sebagai anggota dewan akan mendukung dan mendorong hal tersebut .

peserta yang menghadiri musrembang tingkat Distrik Abepura antara lain , Kapolsek Abepura, Koramil , lurah Se-Distrik Abepura , juga hadir anggota DPRD Kota Jayapura , RT/RW, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah , Dinas PU, Ketua FPPNG dan lembanga lainnya.( Sonya)