Jayapura-KPN, Dalam rangka persiapan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan April mendatang, KPU Kota Jayapura menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019, bertempat di Lapangan Apel Balai Kota Jayapura, kamis (28/02/2019).

Gelaran Simulasi ini diikuti oleh perwakilan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua yang baru selesai mengikuti Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara tingkat Provinsi Papua, bertempat di Kota Jayapura. Hadir pula dalam Simulasi tersebut, Ketua DPRD Kota Jayapura, Kapolresta Jayapura, Kajari, Pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura, serta Ketua KPU Provinsi Papua bersama Komisioner yang juga bertindak sebagai KPU Kota Jayapura.

Dalam sambutannya sebelum membuka Kegiatan Simulasi, Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano menyampaikan kepada peserta simulasi agar mengikuti jalannya proses simulasi dengan baik. Ia juga berterima kasih kepada KPU Provinsi Papua, karena Kota Jayapura menjadi titik awal pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Provinsi Papua.

Benhur Tommy Mano juga menyampaikan bahwa sangat penting bagi para pemilih pemula untuk mengenal dan mengetahui tata cara memilih yang benar.

“Saya harapkan kepada Sekretariat dan KPU Kota dan Kabupaten marilah kita memberikan simulasi kepada pemilih pemula yang ada di Kota Jayapura Supaya mereka mengetahui dengan baik memberikan hak demokrasi mereka, “ ujar Walikota Jayapura.

Meskipun beberapa waktu lalu di Kota Jayapura terjadi Intoleransi di Distrik terjauh yaitu Distrik Muara Tami, namun Walikota berharap hal tersebut tidak akan mengganggu persiapan dan pelaksanaan Pemilu nanti. Ia juga meminta semua pihak mendoakan para penyelenggara Pemilu agar dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik.

 “ Kita berdoa agar Sekretariat dan petugas-petugas KPU dijaga dan dilindungi oleh Tuhan, supaya mereka juga bisa melaksanakan tugas dengan baik, Tugas Negara yang diembankan kepada mereka, “ pungkas Benhur Tommy Mano. (Sonya)