Kwarda Papua gelar Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke – 56 Tahun 2017, dengan mengambil lokasi di perbatasan RI- PNG, Sabtu 26/8/2017 . ( Foto : Sonya Obinaru )

Jayapura ( KPN)- Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua siap menjadi tuan rumah
Kemah Bela Negara tingkat Nasional di perbatasan Indonesia- Papua New Guinea (PNG) di Kota Jayapura Papua, pada 23-27 Juli mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua ,Carolus Bolly usai menghadiri Rapat Kerja Kwartir (Rakerda ) Gerakan Pramuka di Aula Sian Soor Kantor Walikota ,Kamis (7/3/2019).

Wakil Ketua Kwarda Papua Carolus Bolly , mengatakan Raker ini bagaimana kita memantapkan barisan Kwartir daerah papua untuk menyongsong kegiatan Nasional tersebut karena itu ajatan bersama

Wakil Ketua Kwarda Papua Carolus Bolly ,bersama para Ka’ Kwarcab, mengikuti Rakerda kwartir gerakan pramuka Papua Tahun 2019 , Kamis 7 Maret . ( Foto : Sonya Obinaru)

” Papua dipercayakan sebagai tuan rumah tentu ini menjadi kerja kita semua, Kita tidak akan membiarkan kota jayapura menghadapi ini sendiri ,” Tegas Ka’ Carolus

Harapan kita tentu teman-teman di Kwartir cabang di seluruh Papua, bisa bersatu hati dan bekerja sama untuk bagaiman kita menyukseskan kegiatan ini .

“Menjadi tuan rumah kegiatan bela negara untuk wilayah pulau terluar bagi Papua hari ini, kepercayaan yang besar buat kita,” katanya

Ka’Kwarda Papua Kristhina .L.Mano, memberikan arahan kepada peserta Raimuna XI Tahun 2017 , usai membawakan Tarian Raimuna pada pembukaan Raimuna Nasional , bertempat di Buper Cibubur . ( Foto : Sonya Obinaru)

Dikatanya saat ini generasi Bangsa Indonesia, telah mengalami degradasi moral, etika oleh karena itu pelaksanaan dari pada kegiatan bela negara secara nasional di Papua, bisa digunakan sebagai wahana media tempat untuk bagaimana kita terus meningkatkan para generasi muda Indonesia untuk kedepannya lebih sopan, beretika dan bermoral di Provinsi Papua .

Ini menjadi tantangan besar bagi gerakan pramuka di papua,Sekarang di era gadget semua terbuka informasi sangat luas anak-anak dengan handphone di tangan bisa melakukan apa saja.

“Tugas kita di Pramuka sebagai salah satu tempat pembinaan bagi generasi muda Bagaimana mengarahkan para generasi muda ini supaya bisa memanfaatkan gadget itu secara positif,” kata Ka’ Carolus

Penyerahan palu sidang dari Ketua Dewan Kerja Daerah kepada pimpinan sidang ,Tahun 2018 di aula badan diklat Kota Jayapura .( Foto : Sonya Obinaru )

Diharapkan peran semua pihak baik pemerintah, Kwartir daerah gerakan pramuka,terutama para guru yang juga selaku pembina Pramuka, tentu mempunyai tugas ganda untuk Bagaimana mendidik anak-anak binaan kita, untuk merubah dan memberikan penyadaran yang lebih baik kepada generasi muda.

Sementara itu Ketua Gerakan Pramuka Papua Kristhina .L.Mano , mengatakan tahun ini juga kita akan mendapatkan satu kegiatan tingkat nasional yaitu perkemahan bela Negara.

” Perkembahan bela negara ini akan dilaksanakan di Kwarcab Kota Jayapura saya berharap Ka’ kwarcab kota Jayapura bisa berkoordinasi dengan kwartir daerah dan saka wirakartika dan juga dengan kodam,” kata Ka’ Itha

Ketua Kwarda Papua foto bersama temu undangan usai pemimpin gelar Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke – 56 Tahun 2017, dengan mengambil lokasi di perbatasan RI- PNG, Sabtu 26/8/2017 . ( Foto : Sonya Obinaru )

Ka’ Itha berharap perkembahan bela negara ini adalah kegiatan tingkat nasional,maka diharapkan peran semua pihak untuk menyukseskan pesta akbar tersebut.

Lanjut Ka’ Kwarda kegiatan tersebut akan berlangsung pada Juli 23- 27 mendatang, para Kwarcab diharapkan dapat penyiapkan peserta dari setiap perwakilan dan harus ada nuasa kebinekaan dan yang terpenting lipatkan anak- anak Papua hitam kulit keriting rambut.( Sonya )