Ketua Umum partai Demokrat Papua Lukas Enembe, Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly , foto bersama para kader usai mengikuti Rakerda beberapa waktu lalu . ( Foto : Istimewa )

Jayapura ( KPN) – Partai Demokrat dan Hanura di Papua mengaku telah memenuhi kuota caleg perempuan untuk maju dalam Pileg 2019.

Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Papua, Carolus Bolly menyebutkan sesuai dengan undang- undang mewajibkan setiap partai politik untuk memenuhi kouta 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon anggota legislatif.

“Partai Demokrat di Papua selalu memberikan perempuan kesempatan yang sama dengan laki- laki,” kata Carolus Bolly usai mengikuti kegian raker kwartir gerakan pramuka Papua, Kamis ( 7/3/2019)

Kata Carolus, dalam Partai Demokrat keterwakilan perempuan dalam pileg tidak sekedar untuk memenuhi kouta. “Sejak awal kita telah menempatkan kader- kader perempuan diberikan ruang yang sama dengan teman kami yang laki-laki,” katanya.

Buktinya, peiode lalu, seorang keterwakilan perempuan di Dapil III atas nama Maria Dowitouw duduk di parleman.

“Nomor urut bukan penentukan seseorang terpilih, namun berdasarkan suara terbanyak. Kami sudah buktikan menempatkan perempuan di nomor urut satu, itu menandakan kita tidak sekeder memenuhi kouta saja tapi juga memberikan ruang yang sama, ” tegas Carolus

Ketua Partai Hanura Papua Hengky Kayame, foto bersama kader . ( Foto : Istimewa)

Dalam Pileg tahun ini, Demokrat menargetkan 20 kursi untuk DPRP,sehinga bisa di bagi rata 10 kursi bagi caleg laki – laki dan 10 kursi bagi caleg perempuan .

Hal senada juga disampaikan anggota Partai Hanura, Kamasan Jack Komboy yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR Papua. Jack yang ditemui usai mengikuti reuni Akbar PMS – SMP YPK Kotaraja dan Hari Jadi Ke -57 YPK DI Tanah Papua, Jumat ( 8/3/2019) menyebutkan AD/ART (Anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya) Partai Hanura cukup jelas yakni untuk memberdayakan perempuan.

Foto : Jenma

“Untuk kader perempuan di Hanura telah mendapat kaderisasi sebelum mereka ikut bertarung dalam pesta demokrasi,” ungkap Jack

Jack yakin perempuan di Partai Hanura memiliki kemampuan mendapatkan kursi di parlemen. Terbuti dua perempuan dari Partai Hanura duduk di kursi DPRD Kota Jayapura.

“Pileg tahun ini, kami menargetkan 10 kursi di parlemen dan itu akan kami raih semaksimal mungkin.( Sonya)