Wagub Papua Klemen Tinal, saat membuka kegiatan musrenbang tingkat Provinsi . ( Foto : Aryo)

Jayapura ( KPN)- Wakil Gubernur Papua Klemen, mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( Musrenbang RKPD) Inspirasi 2020, ini moment yang penting dan stategis untuk kita bersama -sama mensinergikan rencana kerja pemerintah baik Provinsi,Kabupaten Kota sesuai dengan kewenangannya masing masing.

Hal tersebut disampaikan pada membukaan musrembang tingkat Provinsi yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Jayapura, Rabu ( 24/4/2019).

Ia berharapa dalam forum pembahasan teknis nanti dapat mengedepankan tiga prinsip pembangaunan yang berkelanjutan yaitu inklusif dengan kita melibatkan seluruh pemangku kepentingan pembangunan guna membahas berbagai masalah atau tantangan yang dihadapai dalam proses pembangunan.

Dan melakukan pengkajian yang kemudian di terjemahkan dalam bentuk rencana program kerja,kedua integratif dengan memastikan sinergitas program program pembangunan di provinsi,Kabupaten Kota dan pemerintah pusat.

“Khususnya program program yang bersifat prioritas dan bersifat penting dan mendesak yang telah dilaksanakan dan berdampak nyata terhadap masyarakat ,” katanya

Suasana musrembang ( Foto : Aryo)

Kata Dia, ketika berbasis data informasi yang baik sehingga seluruh proses perencanaan dapat berjalan dan terukur dengan baik sesuai dengan konteks dan kearifan lokal dan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat papua pada umumnya dan orang asli papua pada khususnya yang mengacu pada RPJMD 2018 – 2023.

“Dengan melihat pentingnya Musrenbang RKPD 2020 ini,maka Pemerintah Provinsi Papua melakukan sebuah pendekatan inovatif yang dinamakan Musrenbang Inspirasi”,ungkapnya.

Ia juga menjelaskan hal ini sesuai dengan kerangka Pembangunan Provinsi Papua 2019 – 2023 yang berada dalam visi Papua Bangkit,Mandiri dan sejahtera yang berkeadilan.

Diharapkan dengan diselenggarakan Musrenbang Inspirasi ini dapat di replikasi oleh Kabupaten-Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Papua agar tepat sasaran dan tepat guna untuk mendukung percepatan pembangunan di Bumi Cendrawasih. (Aryo)