Lanjut ke konten

Pemprov Papua Launching HUT RI ke-75 dan Pemuda Anti Corona di kota Jayapura


Jayapura ( KPN)-Pemerintah Provinsi Papua Senin (3/8/2020), menggelar launching kegiatan HUT RI ke-75, di Halaman Kantor Gubernur Dok II, Jayapura.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan launching Pemuda Anti Corona Provinsi Papua yang nantinya akan ditempatkan pada setiap kelurahan, guna melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, menyampaikan, memasuki HUT RI ke-75, tetap diadakan dengan menjaga protokol kesehatan dam antusiasme masyarakat sehingga semua rahu bahwa Papua normal saja dalam perangi Covid-19.

“Kita akan memasuki hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75 dalam suasana dan situasi Corona tentu upacara yang kita akan lakukan seperti sebelumnya di lapangan Mandala, nanti lebih difokuskan di kantor Gubernur.
Kegiatan-kegiatan Dalam rangka memeriahkan hari HUT RI tetap diadakan lomba-lomba namun tetap menjaga protokol kesehatan dalam Covid-19 ini.
Jadi nanti ada panitia kegiatan tetap kami harap masyarakat antusias dan aktif melaksanakan kegiatan ini.
Supaya dengan demikian kita tunjukan situasi di Papua ini adalah normal-normal saja,” kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal.

“Berhubungan dengan Covid-19, kami menyampaikan khusus kepada ASN Provinsi saudara secara tidak langsung mempunyai tanggung jawab moral, kita harus bersama-sama menjadi agen obceints. Hal ini sangat penting sehingga dengan demikian semuanya bisa kembali normal. Harapan kita ke depan seperti yang ada di benak masyarakat Papua, hari ini normal. Tapi kita harus lakukan itu dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur dan standar kesehatan,” ujar Wagub Klemen.

“Perpanjangan ataupun normal hari ini, kita sebut sebagai Adaptasi New Normal, karena data menunjukkan secara umum di seluruh Papua 29 kabupaten kota minus kecuali kota Jayapura rasio nya dibawah 1, itu secara prosedur kesehatan.
Pemuda-pemuda di panggil, kuncinya untuk melawan Covid paling utama di depan itu bukan bukan satgas, kesehatan, paramedis, dan lain sebagainya, itu back up. Tapi kunci utama yang bisa mengalahkan Corona hanyalah pribadi lepas pribadi, yaitu seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Papua. Anak-anak dan ibu-ibu ini yang kita pakai. Karena di 28 kabupaten lain sudah bisa kembali new normal, dan mulai adaptasi, sementara Jayapura sebagai ibu kota Provinsi Papua belum bisa. Karena meningkatnya Covid-19,” ungkap Klemen.

Fakta hari ini seluruh Kota Jayapura, kelurahan, kampung, semua full dengan positif Corona. Itu artinya kita semua berada di lokasi yang positif Covid. Seluruh kelurahan kena Covid dengan angka yang begitu tinggi 1000 lebih malahan capai 2000. Angka meninggal di kota Jayapura naik jadi 40 persen terakhir ini.

Kata Wagub Klemen Tinal, kita sebagai bagian dari masyarakat mulai sekarang ajak keluarga, anak dan tetangga mengerti dan patuhi protokol kesehatan.

“Untuk sampai ke new normal, bagi masyarakat Jayapura Kota, dari pedagang, tukang ikan, pegawai negeri, Wagub sampai Gubernur, Walikota, kita semua itu warga Kota Jayapura. sesudah kita lounching pemuda anti Corona, maka wajib sampaikan bahwa disiplin.
Ibu Kota yang menjadi contoh buat semua. Mulai hari ini kita disiplin, supaya demikian kita bisa keluar sebagai pemenang dalam mengalahkan Corona ini,,” kata Wagub, Klemen.



Wagub minta, pemuda gereja, pemuda masjid, karang taruna, organisasi yang ada di kota ini, semua kita harus terlibat secara aktif.

“Memberitahukan orangtua, tetangga dan sebagainya, semua disiplin, Corona tidak akan berani. Semua masyarakat disiplin. Kita semua yang punya KTP kota ini juga disiplin,” ungkap Wagub, Klemen.

Sambung Wagub, pemerintah akan memberikan hadiah kepada empat kampung yang bebas dari Cocid-19, dan juga kampung lain yang berlomba melawan Virus Corona.

“Dari sekian banyak kampung dan kelurahan yang ada di kota Jayapura ini, hanya empat kampung yang sampai saat ini, dia masih aman, artinya rasionya dibawah 1, yakni kampung nafri, tahima soroma, hoktekamp, dan kayu batu. Kuta akan berikan mereka sertifikatpenghargaan dan bantuan semua. Supaya kampung atau keluharan lain juga berlomba,” sambung Wagub Klemen.

“Harus hati-hati dan harus hari ini kita bersama-sama kuta disiplin dan kita bisa sama-sama seperti mereka. Jangan kepala batu, harus bisa dan semangat. Itulah makanya kita lounching canangkan mulai hari ini semua penuda yang ada di tiap lingkungan, kelurahan semua kuta pakai untuk perangi Corona.,” pungkas Wagub Klemen. (Cl)

%d blogger menyukai ini: