Lanjut ke konten

Masa Pandemi Covid-19, Upacara HUT ke-75 RI Di Gelar Sederhana Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan



Jayapura (KPN)-Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Provinsi Papua dilaksanakan sederhana dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Perubahan upacara akibat pandemi ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana upacara HUT detik- detik proklamasi kemerdekaan dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura dengan meriah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, tapi kali ini upacara digelar di lokasi lain, yakni di Halaman kantor Gubernur Papua, Jalan Soa Siu dok II Jayapura.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE,Mengatakan secara kuantitas berbeda berubah namun secara kualitas tidak berubah karena semua mengikutinya dengan penuh hilmat.

“Secara kuantitas jelas berubah, biasanya dalam jumlah orang yang banyak dan di stadion, tapi kali ini di kantor Gubernur. Tetapi kualitas tidak berubah, karena semua mengikuti dengan sepenuh hati, tanggung jawab, kemudian semua yang berkepentingan hadir, baik dari Sipil, TNI-Polri dan semua mengikuti dan baik. Anak-anak kita juga ikut ambil bagian dalam pengibaran bendera, Paskibra mereka melakukan tugasnya dengan baik sehingga kami anggap di era Virus Corona ini Papua berikan contoh yang baik untuk Indonesia,” kata Wagub, Klemen.

“Kenapa, Indonesia upacara setelah dua jam kita selesai upacara. muda-mudahan mereka nonton dan tiru Papua. Karena Papua lakukan Hari Ulang Tahun Proklamasi kemerdekaan ini dengan hikmat, penuh rasa tanggung jawab, dan melibatkan semua pihak. Dan juga tetap mengikuti protokol Kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan lain sebagainya,” tutur Wagub, Klemen.

Wagub berharap, di Papua harus bergembira dengan merayakan HUT ke-75 RI ini dengan baik, walaupun ada Virus yang sedang melanda.



“Kami harap ini juga menjadi hal yang baik bukan hanya buat pemerintah atau tapi juga bagi masyarakat di Papua. Supaya masyarakat di Papua di manapun berada, di Gunung, Lembah, laut, rawa-rawa mereka juga turut bergembira dan memeriahkan ulang tahun kita tapi tetap jaga standar dan protokol kesehatan,” harap Wagub, Klemen Tinal.

Tutur Wakil Gubernur, Klemen Tinal, ke depan kita pasti lebih baik dan kita harus optimis.

“Kita yakin Indonesia akan lebih baik, Papua akan lebih baik, dan kita akan lebih baik. semua orang semangat upacara, karena yakin bahwa akan lebih baik dalam 75 tahun ini. Memang Indonesia dalam 75 tahun ini kita tidak boleh munafik, harus akui bahwa sudah maju dan luar biasa. Kadang-kadang kita tidak akui. Saya minta seluruh Republik Indonesia akuilah kelebihan negara ini. Jangan orang lain dari luar yang akui, jelek-jelek negara sendiri, apalagi Indonesia sekarang 75 tahun ini tidak ada jeleknya,” tutur Wagub, Klemen.

Wagub menjawab bahwa Gubernur Papua sedang sakit dan berobat.

“Gubernur sedang sakit berobat terapi dan sebagainya. Sehingga itu hal yang biasa. Jadi tidak usah kamu heboh dengan hal itu terus subtansi masalahnya lupa.
Hari ini subtansinya proklamasi kemerdekaan dan bagaimana nasionalisme itu bisa tertanam dengan baik di Papua,” tandas Wagub Klemen.

Perlu diketahui, Inspektur upacarapada upacara HUT ke-75 RI adalah Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, bertindak sebagai komandan upacara, Letkol Marinir Rian Malfi, M.TR, dan pengibar bendera, Melani Baransano, SMA N 2 Jayapura, Barnabas Serawani, SMA NEGERI 5 Jayapura, dan Andreas Karubaba, SMA N 5 Jayapura. Sedangkan pembacaan teks proklamasi oleh ketua DPR Papua. (Cl)

%d blogger menyukai ini: