Jayapura (KPN)- Guna melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Eleketronik (SPBE),Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), melakukan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Eleketronik (SPBE), yang diselenggarakan di Provinsi Papua, dengan peserta dari Kabupaten/ Kota.

Kegiatan ini digelar di Sasana Karya Kantor Gubernur Dok II Jayapura, yang dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, Anni Rumbiak, Rabu (07/11/2018).

Dalam sambutan Gubenur yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, Anni Rumbiak mengatakan, Pelaksanaan Sistem

Pemerintaha Berbasis Elektronik ( SPBE), pada instansi Pusat dan Pemerintah Daerah bertujuan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan kulaitas pelayanan public yang sesuai dengan Visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahteran yang Berkeadilan. Agar pelaksaan SPBE dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan, makaperlu dilakukan sevaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di Pemerintah Daerah,”katanya.

Lanjutnya Anni Rumbiak, Evaluasi SPBE merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di instansi Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan suatu indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan dari pelaksanaan SPBE di Pemerintah Daerah. Ruang lingkup penyelenggaraan SPBE di instansi Pusat dan Pemenrintah Daerah yang akan dievaluasi sedikitnya menyangkut tata kelola SPBE, layanan SPBE dan kebijakan SPBE,”lanjutnya.

Diharapkan evaluasi ini dapat memberikan masukan posistif untuk perbaikan secara menyeluruh hal-hal yang perlu diperbaiki terutama infrastruktur dan akses teknologi informasi bagi Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua yang kondisi geografisnya masih sulit, “tutup Anni Rumbiak. (Celia)